oleh

Rob Hantam Pasangkayu, Pemukiman Warga Terendam

PASANGKAYU – Cuaca ekstrim belakangan ini mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi di wilayah pesisir Kabupaten Pasangkayu, merusak rumah dan merendam pemukiman warga.

Beberapa daerah yang terpapar gelombang tinggi hingga mengakibatkan abrasi dan banjir rob, antara lain Kelurahan Baras Kecamatan Baras, Desa Bambakoro Kecamatan Lariang, Desa Pangiang Kecamatan Bambalamotu. Desa Kasoloang dan Desa Tampaure Kecamatan Bambaira.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasangkayu, Andi Rudi mengatakan, Desa Bambakoro ada lima unit rumah warga rusak terkena hempasan ombak.

“Berdasarkan pantauan kami, hanyadi Desa Bambakoro terjadi kerusakan rumah warga. Sementara di wilayah lainnya hanya terendam banjir rob di pemukiman bahkan air masuk ke rumah,” kata Rudi, Selasa 7 Desember 2021.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena masyarakat di wilayah pesisir mayoritas nelayan, BPBD menghimbau agar tidak turun melaut untuk sementara waktu sampai cuaca kembali membaik.

“Kami sampaikan kepada pemerintah Desa Bambakoro, kalau dibutuhkan evakuasi maka kami akan turunkan tim. Kami juga sudah menyampaikan imbauan baik kepada pemerintah desa serta melalui media sosial BPBD, agar menjauh dari tempat yang berpotensi terjadinya banjir rob, serta tidak melaut sampai cuaca kembali membaik,” jelasnya.

Secara terpisah, Camat Bambalamotu Yasin berharap, agar masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir khususnya di desa Pangiang itu diperhatikan dalam hal diberikan tanggul penahan ombak.

“Untuk kelancaran dan kenyamanan masyarakat, harusnya ada tanggul disepanjang bibir pantai yang dekat dari pemukiman warga itu diperhatikan oleh pihak Balai, agar masyarakat bisa aman dan nyaman tidak terkena dampak dari cuaca buruk,” harap Yasin. (asp/jsm)

Komentar

News Feed