oleh

Realme Book, Laptop Pertama Realme yang Gendong Teknologi Sempurna

REALME baru saja menghadirkan perangkat laptop pertamanya di dunia ke pasar tanah air. Laptop pertama Realme ialah Realme Book yang hadir dengan konsep ultrathin alias tipis ala laptop kelas atas kebanyakan.

Untuk pabrikan yang baru pertama kali bikin laptop, Realme boleh dibilang tanpa cacat untuk perangkat awalannya ini. Membawa jargon “Dare to Create” dan disebut sebagai laptop yang paling sesuai untuk kreator muda, berikut ulasan selengkapnya dari Realme Book.

Desain

Melalui strategi terbaru Realme 1+5+T, Realme Book dikatakan hadir dari kategori terbaru yaitu laptop dalam ‘5’. Realme Book ini juga disebut merupakan bukti bahwa Realme sebagai brand anak muda selalu berkembang dalam hal teknologi, perangkat ini memiliki kualitas yang sangat mumpuni untuk memenuhi kebutuhan personal terutama dalam pekerjaan yang dibuktikan dengan desain yang stylish seperti Macbook.

Di sisi desain, Realme Book memiliki ketebalan hanya 14,9 mm dan berat sekitar 1,38 kg. berbekal dengan dimensi ini, Realme bahkan percaya diri head-to-head dengan MacBook Pro dan MacBook Air dari Apple. Dibandingkan dengan keduanya, Realme Book jelas lebih tipis dan ringan dari MacBook Pro.

Untuk urusan desain, Realme Book mengadaptasi campuran aluminium pada hampir keseluruhan bagiannya. Warna yang tersedia adalah Real Blue (biru) dan Real Grey (abu-abu). Secara garis besar, desain Realme Book tampak simple namun tetap mewah.

Di bagian depan perangkat hanya ada tulisan “Realme” sebagai identitas. Tulisan yang sama ada pada area hinge atau mekanisme antara lipatan layar dan keyboard. Cukup itu saja, tak ada identitas berlebihan tampak pada laptop ini.

Informasi perangkat ditampilkan justru di bagian belakang seperti informasi prosesor Intel Core i5 generasi 11, kartu grafis Intel Iris Xe Graphics dan informasi software oleh Microsoft. Area lainnya polos.

Masuk ke bagian dalam, ada layar 2K Full Vision Display dengan bentang seluas 14 inci. Di atas layar, ada kamera web atau web cam dengan resolusi HD untuk berbagai keperluan misalnya melakukan pertemuan jarak jauh yang lumrah dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini.

Bergeser ke bagian bawahnya terdapat wilayah papan ketik atau keyboard yang tuts-nya besar-besar. Untuk area keyboard, Realme sudah membekali Realme Book ini dengan backlight keyboard berwarna putih yang tingkat kecerahannya bisa diatur. Ini penting untuk kenyamanan pengguna khususnya mereka yang kerap begadang dan bekerja di malam hari.

Tuts keyboard-nya sangat nyaman digunakan dengan jarak antar-tuts yang terbilang lega. Risiko kesalahan pengetikan bisa dikurangi dengan konsep yang demikian. Di atas area keyboard ada satu tombol power kecil yang sudah didukung teknologi kapasitif untuk fingerprint scanner berbasis Windows Hello.

Beralih ke trackpad, ada area luas yang diletakkan tepat di tengah berada persis di bawah area keyboard. Polos. Tombol klik kiri dan kanan dibuat samar tanpa ada penanda sama sekali yang membuat area sapu jari jadi lebih leluasa dan sangat halus.

Pengalaman mengetik di keyboard Realme Book juga menyenangkan. Setiap tuts terasa begitu tactile, renyah namun tegas dengan kesalahan pengetikan yang minim karena area setiap tombol yang terbilang cukup besar. Pas buat mereka yang memiliki jari berukuran agak “plus size”.

Di bagian belakang laptop, tampak kisi-kisi angin dan bilah kipas untuk menekan suhu tinggi yang sudah disematkan teknologi sistem pendingin Dual-fan Storm. Di area ini, terdapat pipa dual heat dengan diameter 8 mm ultrathin kecepatan tinggi dan aliran udara kipas yang kencang untuk membuang panas.

Selain itu, ada juga area lain di bagian belakang yakni lubang speaker yang dilengkapi Stereo Sound dari DTS, HARMAN 2× 2W Speakers. Hasil dari speaker ini dapat memproduksi suara bass yang powerful dengan karakter garing namun tetap nyaman di telinga. Realme Book juga dilengkapi dengan dual Mic Noise Cancellation berkat teknologi AI intelligent solusi peningkatan suara.

Untuk aspek desain, secara keseluruhan, Realme Book sempurna sebagai perangkat laptop pertama. Desainnya mengikuti tren dan sudah berani langsung bersaing dengan pemain-pemain sebelumnya.

Multimedia

Realme Book dibekali layar berukuran 14 inci menggunakan layar 2K dan 3:2 untuk ukuran rasio layarnya. Selain itu Realme Book juga sudah memiliki 100 persen sRGB dengan kecerahan tertinggi hingga 400 nits serta didukung oleh sertifikat TUV Rheinland.

Hasilnya, pengalaman menggunakan layar ini sangat baik melihat segmen harganya. Performa layarnya menakjubkan, tegas, tajam dan cerah di berbagai situasi dan kondisi penggunaan termasuk di bawah terpaan sinar matahari sekalipun.

Realme Book memiliki desain tepi yang sangat tipis dengan bezel 5,3 mm. Keuntungan dari ultra-narrow bezel ini adalah dapat membuat visual lebih menakjubkan dan memberi pengalaman yang lebih menyeluruh karena rasio layarnya mencapai 90 persen lebih tinggi bahkan dari MacBook Air.

Dengan resolusi 2160 x 1440, Realme Book memiliki 1.5x lebih banyak piksel dari 1080p biasanya untuk menghasilkan layar bening yang menakjubkan. Layarnya juga mampu dibentangkan hampir 180 derajat.

Untuk kenyamanan audio, seperti sudah dijelaskan di atas, Realme Book didukung oleh dual speaker by Harman yang kualitasnya tak perlu lagi dipertanyakan. Menggunakan laptop ini untuk bekerja sambil mendengarkan musik atau bermain game sangat mengasyikkan.
Perangkat laptop Realme Book (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Speaker diletakan di sisi bawah area tangan pengguna yang menghadap ke arah kanan dan kiri laptop. Kendati berada di bawah permukaan dan rentan tertutupi jika menggunakannya di permukaan yang tidak rata, kualitas keluaran suara speaker laptop ini tetap baik.

Untuk bertukar informasi dengan perangkat lain, laptop ini juga memadai berkat adanya port-port yang lengkap dan kekinian misalnya port Thunderbolt 4/ USB 4, Type-C/ USB 3, Type-A/ USB 3 dan port 3,5 mm Headphone and Microphone Jack. Semakin lengkap, performa multimedia juga ditopang dengan PC Connect, program pengembangan Realme untuk sinkronisasi dan transfer data perangkat laptop dengan mudah ke berbagai perangkat nirkabel lainnya plus hadirnya Wifi 6.

Performa

Realme Book hadir dengan sokongan prosesor Intel Core i5 generasi ke-11 dan grafis Intel Iris XE Graphics. Lainnya dari perangkat ini adalah kapasitas memori yang besar 8 GB+512 GB dengan dual-channel LPDDR4x dan PCIe SSD. Serta konektivitas yang cepat dengan Port Thunderbolt 4 dan Wifi 6.

Soal jeroannya, prosesor terbaru Intel Generasi ke-11 ini telah mengadaptasi 10 nm SuperFin proses manufaktur dengan performa efisiensi energi yang baik dan struktur CPU + GPU terbaru. Peformanya jauh lebih unggul dari generasi sebelumnya.

Dengan mesin yang kuat, Realme Book dapat digunakan untuk semua kegiatan kreatif. Setelah dicoba, prosesor ini dapat menghasilkan 26 persen peforma single-core lebih baik dari sebelumnya dan 45 persen lebih baik dari peforma multi-core. Hasilnya, untuk berkarya, bermain games, atau sekedar entertainment, semua bisa diatasi dengan kecepatan tinggi.

Spesifikasi laptop ini selain kami jajal langsung menangani kebutuhan sehari-hari juga kami buktikan dengan melakukan berbagai benchmark lewat aplikasi benchmark sintetis. Banyak aplikasi yang kami gunakan untuk mengetahui hasil lewat berbagai indikator.

Dimulai dari hasil benchmark menggunakan 3D Mark Time Spy, Realme Book berhasil membukukan skor sebesar 1562. Skor CPU diperoleh di angka 4640 sementara skor grafis di angka 1399.

Pindah ke aplikasi lain yakni PC Mark10, Realme Book secara total berhasil membukukan skor sebesar 4456. Sementara untuk aplikasi benchmark Cinebench R15, Realme Book secara berulang mampu mencetak skor 76,69 FPS dan skor CPU mencapai 372 CB (Multi Core) dan 65 CB pada pengujian Single Core. Cinebench R20 juga kami jajal dan Realme Book bisa membukukan skor sebesar 2136 pada Multi Core dan 518 pada Single Core.

Bagaimana dengan gamingnya? Dengan perolehan skor benchmark demikian yang masing-masing pengujian mengacu pada spesifikasi perangkat, Realme Book harusnya tak begitu kesulitan mengolah grafis beberapa game yang cukup berat. Lewat Steam, kami sempat menjajal beberapa game di laptop ini dan terbilang lancar untuk aspek grafisnya.

Penyimpanannya juga mumpuni. Hal ini membuat beberapa game berat dengan minimum requirements penyimpanan sebesar 4 GB bisa teratasi dengan mudah karena laptop ini sudah membawa RAM sebesar 8 GB.

Yang juga menunjang performa adalah aspek daya. Realme Book sudah hadir dengan baterai 54 Wh yang terbilang besar (mencapai 11 jam) untuk berbagai keperluan pengguna. Menariknya lagi, kali ini Realme Book hadir dengan teknologi 65W super-fast charge untuk dapat mengisi daya sampai 50 persen hanya dalam 30 menit.

Hal ini membuat pengguna dapat dengan cepat melakukan pengisian daya bahkan bila dalam keadaan mendesak. Dalam waktu yang sama, charger 65W juga cocok dengan teknologi Realme 30W Dart Charge yang membuat pengguna bisa dengan cepat mengisi daya smartphone Realme bersamaan dengan beragam perangkat USB-C port seperti tablet, power bank dan perangkat lainnya.

Kesimpulan

Sampai di akhir pengujian dan pengalaman menjajal laptop pertama Realme, memuaskan. Sebagai pemula di kategori perangkat laptop, Realme berhasil membuktikan bahwa mereka tak pantas diragukan.

Hasilnya, melahirkan perangkat perdana yang langsung memikat dari berbagai aspek mulai dari harga, desain, spesifikasi dan performanya betul-betul tanpa cacat sebagai perangkat pemula. Konsumen juga dipastikan tak perlu khawatir akan perangkat ini.

Realme memberikan garansi selama 24 bulan di seluruh Realme Official Service Center untuk perangkat ini andai terjadi kerusakan. Satu kata untuk Realme Book, laptop perdana Realme di dunia, sempurna. (jpg)

Komentar

News Feed