oleh

Rasio Elektrifikasi dan RDB Sulbar Lampaui Target

MAMUJU – Berkat kerja keras dan kevisioneran Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Program Sulbar Terang terus menunjukkan hal yang positif.

Program ini tertuang dalam visi dan misi Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dan Wakil Gubernur Sulbar Enny Anggraeni Anwar di poin ke tiga, yakni “membangun dan menguatkan konektivitas antar wilayah berbasis unggulan strategis”.

Kepala ESDM Sulbar Amri Ekasakti mengatakan, sejak pertama kali menjabat sebagai Gubernur Sulbar 2017 lalu, Ali Baal Masdar tidak pernah lelah memperjuangkan hak-hak masyarakat Sulbar di segala bidang, salahsatunya pembangunan fasilitas jaringan listrik, baik di perkotaan maupun di perdesaan.

Hasilnya, lanjut Amri, tahun 2018, Gubernur Sulbar meresmikan pembangunan tiga buah tiang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) di Pulau Tangnga Kelurahan Ammassangan Binuang Polman sepanjang 1.100 Meter. Jumlah masyarakat yang dialiri jaringan listrik sebanyak 86 KK.

Rasio Elektrifikasi dan RDB Sulbar Lampaui Target
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Forkopimda Sulbar menekan sirine saat meresmikan jaringan listrik di Pulau Kambunong.

“Tahun 2020, Gubernur Sulbar kembali meresmikan pembangunan lima buah tiang JTM di Pulau Kambunong Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah sepanjang 500 meter. Jumlah masyarakat yang dialiri jaringan listrik sebanyak 98 KK,” ujar Amri saat di temui di Ruang Kerjanya.

Saat peresmian, Ali Baal Masdar mengatakan, sarana tersebut diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga. Ali Baal menegaskan, pembangunan jaringan listrik perdesaan di Pulau Kambunong dan Pulau Tangnga merupakan bentuk komitmen Pemprov Sulbar dalam mewujudkan ketersediaan sarana energi yang berkeadilan bagi masyarakat pedesaan dan kepulauan.

“Kita berharap dalam waktu tidak terlalu lama jaringan listrik dapat menjangkau semua desa dan dinikmati semua lapisan masyarakat dengan tarif yang terjangkau,” kata Ali Baal.

Dengan jaringan listrik ini, lanjut Ali Baal, akan memperlancar kegiatan usaha masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya, sekaligus menunjang percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Fasilitas ini akan lebih memudahkan masyarakat melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM, red), termasuk di sektor kepariwisataan,” ujar mantan Bupati Polewali Mandar dua periode itu.

Ali Baal meminta, semua pihak berperan memelihara dengan baik sarana kelistrikan yang dibangun agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.
Ditambahkan Amri Ekasakti, terhitung sejak 2017, Rasio Elektrifikasi (RE) dan Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Sulbar terus melebihi target.

Untuk RE pada 2017 mencapai 66,1 persen dari target 65 persen. Sedangkan 2020, hingga bulai Mei sudah mencapai 94 persen dari target 92 persen.

Sedangkan untuk RDB pada 2017 mencapai 79,54 persen dari target 75 persen. 2018 mencapai 91,54 persen dari target 80 persen. 2019 mencapai 94,46 dari target 85 persen.

“Sementara, untuk capaian Listrik Hemat dan Murah (LHM) sudah memberikan kepada 841 Rumah Tangga Sasaran atau 841 KK. Dananya bersumber dari APBD dan Corporate Sicial Responsibility (CSR) 2019,” ujarnya.

Capaian ini berkat kerja keras Gubernur Sulbar yang tidak pernah lelah memperjuangkan hak-hak masyarakat Sulbar dalam pemenuhan keinginan masyarakat terluar untuk teraliri listrik.

“Ini merupakan perjuangan Gubernur untuk masyarakat Sulbar. Berkat pengorbanan beliau Rasio Elektrifikasi dan RDB kita terus mengalami perbaikan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dinas ESDM Sulbar terus melakukan pendataan dan inventarisasi ke Desa dan masyarakat yang belum mendapatkan layanan listrik. Pendataan ini sebagai bahan untuk mengusulkan program pengembangan ketenagalistrikan keberbagai pihak khususnya usulan progran ke Kementerian ESDM dan koordinasi bantuan CSR ke PT. PLN Persero.

Sementara itu, warga pulau sangat menyambut gembira tersedianya jaringan listrik yang kini menerangi desa mereka. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sulbar yang telah menghadirkan cahaya bagi warga setempat.

Dengan tersedianya listrik, katanya, akan memudahkan masyarakat dalam mendongkrak usaha yang digeluti warga.

“Kami sangat terbantu dan sangat membutuhkan fasilitas jaringan listrik ini. Ini akan membantu kami untuk mengembangkan pekerjaan kami,” katanya, dalam dialog dengan Gubernur Sulbar dan rombongan. (ian)

Komentar

News Feed