oleh

Rapat Kerja Nasional FKPT ke VII, FKPT Sulbar Akan Perkuat Sinergitas

JAKARTA – Kepengurusan baru Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulbar, baru saja dilantik.

Proses pelantikan tersebut berlangsung dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FKPT ke VII di Mercure Hotels, Ancol, Jakarta, 17-20 Februari.

Pengurus FKPT Sulbar periode 2020-2022 dilantik oleh Kepala Badan Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius. FKPT Sulbar diketuai M. Imran Idris, Suparman Sopu (sekretaris), Hartono Tasir (bendahara), Sahlan (Kabid Agama dan Sosbud), M. Ilham Idris (Kabid Media Hukum dan Humas), Sudirman (Kabid Pemuda dan Pendidikan), Hadrah (Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Anak), Yusran (Kabid Pengkajian dan Penelitian).

Dalam kesempatan ini, Suhardi Alius berpesan agar segera disusun langkah strategis dalam penguatan FKPT di daerah-daerah, terutama membangun sinergi dalam pencegahan terorisme di daerah. Ini perlu dilakukan sebagai tindaklanjut atas kesepahaman yang telah dibangun BNPT dengan Kemendagri.

Ia menegaskan bahwa pihaknya serius membangun sinergi yang kuat agar pencegahan terorisme di daerah membuahkan hasil yang maksimal.

Ditegaskan bahwa kepengurusan FKPT di daerah diisi oleh akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda media massa yang memahami karakteristik permasalahan di daerahnya masing-masing. Dengan demikian, persoalan yang terjadi di daerah diharapkan dapat tertangani dengan baik.

Sementara itu, Ketua FKPT Sulbar M. Imran Idris mengemukakan, dalam rakernas ini telah disusun agenda dan program kerja. Itu dimulai pada maret hingga november 2020.

Selain program rutin, FKPT Sulbar juga segera menguatkan kembali komunikasi dan koordinasi dengan beberapa pihak di Sulbar. Mulai dari pemprov, pemkab, Kepolisian, TNI, Kemenag, dan lembaga-lembaga lainnya, serta komponen masyarakat.

“Sinergitas sangatlah penting. Kami tidak biaa bekerja sendiri. Makanya koordinasi antar lembaga akan kami perkuat. Sebab tantangan kita kedepan juga semakin kompleks,” ujar Imran, kemarin.

Ia berharap, setiap elemen dapat berjalan bersama BNPT dan FKPT dalam membentengi daerah dan masyarakak agar tak terpapar paham yang dapat mengancam persatuan bangsa.

“Tema rakernas ‘Damai dan Bersatu’, mari kita wujudkan itu bersama-sama,” pesan Imran. (ham)

Komentar

News Feed