oleh

Ranperda Disahkan, Pilkades Ditunda

MAMUJU – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) ditunda untuk dua bulan ke depan.

Wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud mengatakan, itu sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penundaan pelaksanaan Pilkades.

“Kami baru saja mendapatkan informasi kalau ada edaran Kemendagri untuk penundaan. Jadi untuk sementara Pilkades kami tunda sambil menunggu intruksi selanjutnya dari Kemendagri,” kata Ado usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Mamuju, Kamis 19 Agustus.

Meskipun ada penundaan, namun kata Ado, Pemkab Mamuju bersama DPRD Mamuju tetap berupaya menyelesaikan masalah regulasi terkait pelaksanaan Pilkades.

“Alhamdulillah sudah rampung, jadi jika sudah ada intruksi dari Kemendagri kami sudah siap melaksanakan tahapan Pilkades,” jelas Ado.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Mamuju, Mervie Parasan menyebutkan, Ranperda Pilkades berproses selama satu tahun hingga akhirnya menjadi Perda.

Mervie menyebutkan, tujuan perubahan peraturan tersebut adalah untuk mencegah aktivitas yang dapat berpotensi menyebarkan penularan virus korona dalam pelaksanaan Pilkades.

“Selanjutnya kami serahkan kepada eksekutif karena regulasinya juga sudah ada, ” tutup Mervie. (rzk/jsm)

Komentar

News Feed