oleh

Randis Baru Bupati Polman Jenis Mercy, Harganya Sekira Rp2,5 Miliar

POLEWALI – Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar mendapatkan fasilitas kendaraan dinas baru. Mobil kendaraan dinas (Randis) ini jenis Mercedes Benz (Mercy) tipe GLS-Class tahun 2021 sekira Rp2,5 miliar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk pengadaan Randis jenis Mercy ini harus melalui persetujuan dari pemerintah Jerman selaku negara pembuat mobil tersebut. Pemkab Polman mengklaim kendaraan tersebut memiliki banyak keunggulan. Sehingga diadakan untuk dijadikan Randis Bupati Polman.

Harga Randis baru ini memang terbilang mahal mencapai Rp2,5 miliar ditambah biaya pengiriman dari Jakarta sebesar Rp47 juta. Jika dibandingkan dengan pengadaan armada damkar rakitan yang dibeli Pemkab Polman sebanyak empat unit dengan anggaran Rp2,3 miliar. Randis bupati ini masih lebih mahal.

Randis Bupati Polman jenis Mercedes Benz GLS-Class ini memiliki CC 2.999 dengan berbagai tehnologi canggih yang melekat pada kendaraan dinas tersebut. Pengadaan randis ini melalui Bagian Umum Sekertariat Daerah Polman.

Berdasarkan informasi yang diimpun, Randis ini sudah berada di Polman sejak pertengahan bulan Juli lalu. Namun kendaraan itu belum digunakan Bupati Polman saat ke kantornya.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mengatakan, kendaraan dinas tersebut memang belum di pakai. Alasannya kendaraan tersebut digunakan untuk keperluan dinas yang menempuh perjalanan jauh.

“Kita beli kendaraan untuk perjalanan jarak jauh seperti ke Makassar dan Mamuju. Karena tidak mungkin saya pakai Avanza ke Makassar,” ujar Andi Ibrahim Masdar.

Kendaraan ini dipakai untuk perjalanan jauh karena selain nyaman di jalan juga yang paling penting keamanannya.

Sementara itu, beberapa anggota DPRD Polman yang ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya sudah mempertanyakan perihal kendaraan dinas Bupati ke Kabag Umum dan memang kendaraan tersebut belum digunakan oleh Bupati.

“Kita sudah menanyakan ke Kabag Umum Andi Rajab. Dijelaskan plat DC 1 C untuk kendaaran tersebut masih berproses di Samsat. Sehingga tanggungjawab Bagian Umum ini secara otomatis sudah selesai,” jelas anggota DPRD Polman, Ilham.

Terpisah, Kabag Umum Pemkab Polman Andi Rajab menyampaikan, kendaraan dinas jenis Mercedes Benz ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan kendaaran lainnya seperti memiliki sistem auto pilot yang melindungi penggunanya. Selain itu bisa meninggi saat melewati banjir dan memiliki masa garansi selama tiga tahun. Sehingga hal itu akan menghemat biaya pemeliharaan kendaraan karena sudah termasuk service.

“Tidak mudah mengubah Mercy menjadi plat metah. Ada beberapa proses yang dilalui yakni dengan membuat permohonan dahulu ke pemerintah Jerman. Nanti ada rekomendasi dari Pemerintah Jerman ke perusahaan Mercedes Benz,” terang Andi Rajab.

Lanjutnya, sebelum pengadaan randis pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPK. Saat itu BPK tidak mempersoalkan masalah CC kendaraan karena daerah ini banyak yang masih terpencil yang jalannya melintasi pegunungan. (arf/mkb)

Komentar

News Feed