oleh

Puskesmas Matakali Tutup, Pelayanan Dialihkan

POLEWALI – Puskesmas Matakali Kecamatan Matakali Kabupaten Polman kembali ditutup sementara waktu. Penutupan ini dilakukan setelah Puskesmas Matakali merawat warga yang terkonfirmasi positif Civid-19.

Ini bukan pertama kalinya Puskesmas Matakali ditutup, pada bulan Agustus lalu juga sempat ditutup beberapa hari karena telah merawat pasien Covid-19. Penutupan untuk kedua kalinya ini dilakukan selama lima hari mulai Rabu 30 Desember 2020 hingga Minggu 3 Januari 2020.

Puskesmas Matakali Tutup, Pelayanan Dialihkan

Bagi warga yang ingin berobat disilahkan ke puskesmas terdekat seperti di Pekkabata atau di Wonomulyo dan Pelitakang.

“Untuk sementara pelayanan terpaksa dialihkan ke puskesmas terdekat lainnya seperti di Puskesmas Pelitakan Tapango dan Pekkabata Kecamatan Polewali,” kata salah seorang petugas Puskesmas Matakali Anwar Wijaya dikonfirmasi, Rabu 30 Desember 2020.

 

Anwar Wijaya mengungkapkan pada tanggal 25 Desember lalu ada pasien yang dirawat di Puskesmas Matakali. Kemudian dirujuk ke RSUD Polewali. Setelah di tes swab di RSUD Polewali ternyata hasilnya positif Covid-19.

Penutupan Puskesmas Matakali ini dilakukan sebagai upaya mensterilkan pelayanan kesehatan tersebut. Seluruh perlengkapan seperti bangsal, kotak obat, kasur, meja dan peralatan medis yang digunakan disterilkan dengan cara dijemur lalu disemprot cairan disinfektan.

Seluruh ruangan seperti ruang IGD, rawat inap, persalinan dan ruangan lainnya juga disterilkan dengan disemprot disinfektan. Selalin itu, seluruh tenaga kesehatan yang pernah kontak dengan pasien tersebut akan di tes swab.

“Kami akan lakukan swab massal kepada petugas medis Puskesmas Matakali. Kalau ada yang positif, akan diisolasi mandiri.

Selain di Matakali, Sabtu lalu, 26 Desember Puskesmas Wonomulyo juga ditutup untuk sementara pasca merawat pasien Covid-19. Kepala Puskesmas Wonomulyo Suaib membenarkan sempat menutup pelayanan beberapa hari karena ada pasien yang dirawat ternyata reaktif. Pasien yang reaktif karena bergejala sehingga dirujuk ke RSUD Polewali. Puskesmas Wonomulyo kembali buka Selasa kemarin 29 Desember setelah dilakukan sterilisasi dibeberapa ruangan. Khususnya ruangan UGD dan perawatan. (mkb)

Komentar

News Feed