oleh

Punya Kolesterol Tinggi tapi Malas Dikontrol? Ini Bahayanya

JAKARTA – Sama seperti darah tinggi, tak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa dirinya punya masalah dengan kolesterol.

Akibatnya, tidak ada pantangan dangan makanan yang di konsumsinya keseharian. Jangankan pantangan, minum obat tentu saja tidak.

Punya Kolesterol Tinggi tapi Malas Dikontrol? Ini Bahayanya

Namun pertanyaannya, bahaya apa yang dihadapi mereka dengan kolesterol tinggi, namun tidak sama sekali mengkonsumsi obat untuk mengontrolnya?

Well, menurut ahli, koles terol tinggi sering kali tidak menunjukan gejala apa-apa. Kondisi ini bahkan tidak menyebabkan rasa sakit, contohnya seperti darah tinggi di saat kumat.

Namun menurut Healthline, ketika dibiarkan tanpa kontrol, kolesterol tinggi dapat memicu penumpukan plak pada pembuluh darah arteri.

Seiring dengan waktu, plak-plak ini akan memicu terjadinya penyempitan arteri, atau dikenal dengan istilah ateroklerosis.

Dari satu masalah ini, akan timbul masalah kesehatan lainnya. Sebut saja risiko stroke, serangan jantung, anggina, darah tinggi, penyakit artiteri perifer, hingga penyakit ginjal kronis adalah beberapa di antaranya.

Anda adalah pria dan wanita berusia 30 tahun atau lebih? Memeriksakan kadar kolesterol Anda secara rutin sangatlah dianjurkan, guna menghindari risiko yang ditakutkan.(ruf/fin)

Komentar

News Feed