oleh

Puasa dan Rehabilitasi Moral Bangsa

“Dengan adanya budi pekerti, tiap-tiap manusia berdiri sebagai manusia merdeka (berpribadi), yang dapat memerintah atau menguasai diri sendiri. Inilah manusia beradab dan itulah maksud dan tujuan pendidikan dalam garis besarnya” -Buya Hamka-

Oleh: Andi Miftahul Farid, M.Ec.Dev
- Analis Kebijakan Pemkab Natuna
- Alumni Ponpes Darul Ihsan Sragen

Kehadiran Ramadan bak oase di gurun terik, di tengah pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi Covid-19. Ramadan menyediakan ruang sunyi untuk berkontemplasi dan introspeksi, membangun keikhlasan pada seluruh irama takdir Ilahi, diimbangi dengan merencanakan dan membangun strategi untuk kelangsungan hidup berikutnya. Ibadah puasa sarat nilai-nilai hikmah yang berkaitan erat dengan moral kemanusiaan.

Puasa dan Rehabilitasi Moral Bangsa

Di panggung dunia, moral masyarakat Indonesia yang direpresentasikan lewat kesopanan dalam komunikasi digital masih jauh dari predikat membanggakan.

Awal Ramadan tahun ini, jagat maya dihebohkan aksi ribuan warganet asal Indonesia yang melakukan perundungan dan pelontaran kalimat cacian pada kolom komentar unggahan foto pernikahan pasangan sesama jenis di Thailand.

Thailand melegalkan pernikahan sesama jenis. Terlepas dari keyakinan bahwa pernikahan sesama jenis adalah pelanggaran syariat agama, tetapi ujaran di luar norma kesopanan juga tidak dapat dibenarkan. Masyarakat Indonesia masih harus membenahi cara menyampaikan ketidaksetujuan terhadap suatu hal atau ketidaksepahaman terhadap sebuah prinsip dan pandangan.

Awal tahun 2021, Microsoft merilis Digital Civility Index (DCI) 32 negara sepanjang tahun 2020. Skor DCI Indonesia tercatat 76 poin, dengan skala 0 sampai dengan 100. Skor 0 mewakili tingkat kesopanan paling baik dan skor 100 paling tidak sopan.

Dengan skor 76 ini, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kesopanan paling rendah di kawasan Asia Pasifik. Tingginya skor DCI Indonesia dikontribusi oleh dua komponen, yaitu berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian di media sosial.

Komentar

News Feed