oleh

PTM, Tumbuhkan Semangat Belajar Saat Pandemi

MAMUJU – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang dimulai sejak pekan lalu, dinilai sebagai salah satu cara mencegah turunnya semangat belajar peserta didik karena sudah terlalu lama tak bersekolah.

Ketua Dewan Pendidikan Mamuju Hajrul Malik mengemukakan, meski sesungguhnya PTM yang digelar terbatas belum memenuhi standar pemenuhan jumlah jam belajar yang harus diberikan kepada peserta didik, namun langkah ini bisa menjadi lankah awal mencegahnya terjadinya learning loss pada siswa.

Di sisi lain, kata Hajrul, sistem PTM terbatas ini dengan membagi jumlah siswa tiap kelas serta membatasi jam belajar, harus dilakukan guna mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19 di sekolah.

“Menurut amatan saya, PTM terbatas ini menjadi langkah awal mencegah terjadinya learning loss pada peserta didik kita. Paling tidak semangat anak-anak kita untuk belajar tumbuh kembali. Di satu sisi, penyebaran Covid-19 ini juga harus kita cegah,” ucapnya, Minggu (19/9/2021).

Di lapangan, sekolah yang menggelar PTM terbatas betul-betul menerapkan protokol kesehatan (prokes). Para peserta didik harus mengenekan masker. Kemudian, di pintu gerbang sekolah ada pengukur suhu tubuh serta hand sanitizer. Bahkan ada sekolah yang membagikan face shield di ruang kelas.

Hajrul berharap, pembelajaran tatap muka kedepan tidak digelar terbatas lagi. Alasannya, pelaksanaan vaksinasi untuk peserta didik juga sudah berjalan. Jika program vaksinasi ini berjalan sesuai target, tentu secara perlahan akan menciptakan herd immunity. (ham)

Komentar

News Feed