oleh

Program Marasa, Kalumpang-Bonehau Dapat Internet Gratis

MAMUJU – Dua kecamatan di ibukota provinsi ke-33 Indonesia ini mendapatkan dukungan internet gratis. Yakni Kecamatan Kalumpang dan Bonehau.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfopers) Sulbar Mustari Mula mengatakan, dukungan internet gratis tersebut merupakan bagian dari Program Mandiri Cerdas Sehat (Marasa). Tujuannya, memudahkan akses informasi bagi masyarakat.

“Sekaligus, bantuan ini juga untuk mendukung sistem belajar daring yang biasa diterapkan di masa Pandemi Covid-19,” ujar Mustari, Rabu 8 Desember 2021.

Disebutkan, sebanyak dua perangkat intenet gratis yang akan disalurkan. Menyasar dua kecamatan. Soal pengelolaan, kata dia, untuk sementara masih menjadi tanggungan Pemprov Sulbar. Namun untuk tindak lanjutnya, diharapkan dapat ditopang melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Ini juga sudah kita lakukan di tahun sebelumnya, sejak berjalannya program Marasa. Kita bekerjasama dengan desa. Agar masyarakat yang berada di daerah pelosok mendapatkan akses jaringan internet,” terang Mustari.

Amri Eka Sakti, selaku tokoh masyarakat Bonehau mengaku masih banyak desa di Kecamatan Bonehau belum menikmati internet. Karenanya, di tengah perkembangan zaman, masyarakat baru bisa mengandalkan Handy Talky (HT) untuk memudahkan komunikasi khusus pada sejumlah desa di Bonehau.

“Disini (Kecamatan Bonehau) masih menggunakan HT. Jadi frekuensinya itu, satu frekuensi,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar ini. (imr/dir)

Komentar

News Feed