oleh

Program Kartu Prakerja Segera Dibuka, Masyarakat Sudah Bisa Bikin Akun

JAKARTA – Program Kartu Prakerja akan segera dibuka. Mengutip Instagram resmi Kartu Prakerja, masyarakat sudah dapat mulai membuat akun di situs prakerja.go.id. Jika sudah memiliki akun, ketika gelombang dibuka nantinya Sobat hanya tinggal klik gabung dan mengikuti seleksi.

“Pembuatan akun di situs Kartu Prakerja sudah dibuka kembali. Sobat yang belum punya akun, segera daftarkan diri, yuk!,” tulisnya dikutip Rabu (5/1).

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga dapat memanfaatkan berbagai fitur seperti Job Recommendation dan fitur Job Search. Namun, harus tetap hati-hati terhadap situs dan tautan palsu mengatasnamakan Kartu Prakerja. Situs resmi hanya di www.prakerja.go.id.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan, program Kartu Prakerja akan dilanjutkan tahun depan dengan anggaran sebesar Rp 11 triliun. Nantinya, kuota peserta Kartu Prakerja di 2022 mendatang sekitar 3 hingga 4,5 juta orang.

Airlangga menyebut, cara mendaftar program Kartu Prakerja pun tidak akan berubah yaitu di website resmi www.prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja gelombang 23 mendatang akan diumumkan pada Februari 2022.

“Tentunya nanti di sekitar akhir atau awal Februari akan kita umumkan kapan gelombang 23 dimulai,” ucapnya.

Adapun cara mendaftar dan membuat akun Kartu Prakerja adalah dengan membuka situs www.prakerja.go.id. Lalu, klik pilihan daftar sekarang, masukkan email dan password, lalu klik pilihan daftar. Kemudian akan ada notifikasi via email.

Buka email yang didaftarkan, lalu lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

Setelah berhasil daftar akun kartu prakerja, masuk kembali ke dashboard kartu prakerja dengan membuka lagi situs www.prakerja.go.id. Lakukan verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir. Klik klik pilihan lanjutkan dan lengkapi data diri.

Sebagai bagian dari keamanan dan kelancaran, saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum dengan mengambil foto langsung dari kamera HP. Setelah verifikasi nomor ponsel maka akan mendapatkan OTP untuk memverifikasi. Terakhir, isi isi pertanyaan pendaftar yang sesuai dengan kondisi.

Setelah itu, masyarakat harus melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar. Hasil tes nantinya akan dievaluasi oleh tim seleksi kartu Prakerja. (jpg)

Komentar

News Feed