oleh

Program Dumdum Cegah Kematian Ibu Hamil

POLEWALI MANDAR–Darah untuk Kemanusiaan, Darah untuk Ibu Melahirkan yang disaingkat Dumdum, merupakan program mencegah kematian ibu hamil. Program ini patut diapresiasi semua pihak, dilaunching Jumat 21 Juni, oleh Bupati Kabupaten Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, di Desa Campurjo, Kecamatan Wonomulyo.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Polewali Mandar, Andi Suiab Nawawi, program Dumdum diharapkan dapat menekan angka kematian ibu hamil. Rata-rata kematian ibu hamil lantaran keterlambatan mendapat penanganan medis. Akibatnya, ibu hamil mengalami kekurangan darah. Lalu, dalam waktu yang singkat keluarganya kesulitan mendapatkan darah tambahan.

“Dengan program ini, setiap ibu hamil di daerah ini kita harapkan bisa cepat mendapat penanganan medis. Kekuatiran kekurangan darah, sudah bisa diatasi dengan adanya dua kantong darah cadangan yang diperoleh dari tiga pendonor,” jelas Suiab Nawawi.

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar, berharap program Dumdum terus digalakkan ke semua desa dan kelurahan di Polman. “Sehingga darah yang diberikan setiap pendonor, tidak hanya difokuskan untuk ibu hamil saja. Tetapi semua warga yang membutuhkan darah untuk kepentingan medis,” jelas AIM, panggilan akrab Andi Ibrahim Masdar

Pencanangan program Dumdum ini, juga ditandai dengan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi ibu hamil serta pelaksanaan donor darah. (mkb)

Komentar

News Feed