oleh

Produk Sulbar akan Diberi Label Marasa

MAMUJU–Produk hasil komoditi ekspor yang ada di Provinsi Sulawesi Barat akan diberikan label dengan kata “Marasa”.

“Hasil produk komiditi yang di eskpor nantinya akan diberikan label dan dibranding dengan kata Marasa agar produk Sulbar tetap dikenal orang bahwa berasal dari Sulbar,” kata Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Provinsi Sulbar, Amir Maricar, Selasa, di Mamuju.

Ia mengatakan, Sulbar tidak ingin lagi kecolongan seperti yang selama ini terjadi yakni daerah lain sering mengklaim produk Sulbar sebagai produknya. “Selama ini produk Sulbar sudah diperdagangkan ke luar Sulbar bahkan beberapa komoditi sudah di ekspor namun produk yang sudah di ekspor ini kadang terlebih dahulu melalui pengusaha atau pedagang yang berasal dari luar daerah,” katanya.

Menurut dia, proses seperti itu menyebabkan produk asli Sulbar akhirnya tidak dikenal orang sebagai produk daerah Sulbar. “Inilah yang akan dibenahi, segala bentuk hasil produk yang akan di eskpor diberikan label agar kita tidak dirugikan seperti produk kopi, pisang, sawit dan kakao,” katanya.

Diskoperindag sebagai penerbit Surat Keterangan Asal (SKA) melalui Surat Keputusan menteri perdagangan nomor 896 Tahun 2019 tentang penetapan Dinas Dagperinkop Sulbar sebagai Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) akan dimanfaatkan dengan pemberian label tersebut.

Selain SK, hal lainnya yang akan dilakukan adalah membuat peraturan daerah untuk mendukung langkah ini. “Pemberian label ini juga akan menjadi salah satu sumber pendapatan, yang pada akhirnya akan mendongkrak PAD Sulbar,” ujarnya. (ant)

Komentar

News Feed