oleh

Polres Polman Amankan Tengkulak Gabah

POLEWALI – Diduga melakukan kecurangan saat menimbang gabah milik petani, Polres Polewali Mandar amankan seorang laki-laki berinisial H yang diduga bertindak sebagai tengkulak. Pelaku diamankan saat menimbang gabah petani di Desa Bumimulyo Kecamatan Wonomulyo. Rencananya gabah tersebut akan dibawah ke salah satu penggilingan di Lampa Kecamatan Mapilli.

Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono menerangkan yang bersangkutan diamankan karena didapati oleh Satgas Pangan melakukan kecurangan. Timbangan yang digunakan sengaja tidak dinormalkan sehingga merugikan petani. Pelaku berinisial H kini masih ditahan di Polres Polman dengan barang bukti berupa timbangan dan gabah sekira 60 karung beserta truk pengangkut gabah.

Polres Polman Amankan Tengkulak Gabah

“Pelaku diamankan saat didapati Satgas Pangan, melakukan kecurangan memanipulasi timbangan. Selisih lima kilogram dari timbangan normal,” terang AKBP Ardi Sutriono saat dikonfirmasi di Mapolres Polman, Senin 15 Maret.

Namun karena tidak ada petani yang keberatan, tengkulak tersebut hanya akan diberikan pembinaan. Kasatreskrim Polres Polman AKP Saiful Isnaini mengatakan, terkait dengan timbangan pihaknya akan berkoordinasi dengan Disperindagkop. Ia juga menyampaikan, sejauh ini tidak ada petani yang melaporkan hal tersebut.

Ketua Perpadi Polman mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Satgas Pangan yang telah mengamankan tengkulak yang diduga melakukan kecurangan. “Kalau tidak bisa dibina ya diberikan tindakan tegas agar tidak ada lagi yang bermain dan demi kesejahteraan petani,” tandasnya. (arf/mkb)

Komentar

News Feed