oleh

Polres Mamuju Mulai Sweeping Pengguna Kenalpot Bising

MAMUJU – Merujuk pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, aparat kepolisian berwenang menindak pengendara yang memakai knalpot bising.

Penggunaan kenalpot yang tidak sesui dengan standarisasi kendaraan atau knalpot bising, sudah banyak dikeluhkan. Selain menimbulkan suara bising, juga berpotensi disalah ganukan dalam berkendara. Kenalpon racing hanya di peruntukan untuk event balap resmi, bukan untuk balap liar di jalan umum

Kasat Lantas Polresta Mamuju AKP Kemas Aidil Fitri menjelaskan, penindakan pelanggaran knalpot bising bisa dilakukan berdasarkan aturan Pasal 285 Ayat 1 UU Nomor 22 Tahun 2009.

“Penindakan pelanggaran knalpot bising berdasarkan pasal 285 UU LAJ, yakni setiap kendaraan bermotor yang dioperasionalkan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan,” Jelas AKP Kemas, Rabu 2 Juni 2021.

Sejumlah personel Sat Lantas Polresta Mamuju menghentikan kendaraan yang terlihat menggunakan kenalpot bising. Para pelanggar lansung ditindak sekaligus diedukasi agar tidak lagi mengulangi hal yang serupa.

Komentar

News Feed