oleh

Polman Terima 5.240 Vaksin Covid-19

POLEWALI – Sebanyak 5.240 vial vaksin Covid-19 tiba di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Polewali Mandar, Jumat sore 29 Januari. Vaksin Sinovac ini didistribusikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar ke Polman untuk tahap pertama akan menyasar para tenaga kesehatan.

Distribusi vaksin Covid-19 dari Mamuju ke Polewali Mandar dikawal ketat aparat kepolisian dari Satbrimob Polda Sulbar. Vaksin tersebut diangkut menggunakan mobil box khusus. 5.240 vial vaksin Covid-19 untuk Polman dikemas dalam tiga boks yang berwarna putih. Dimana boks pertama berisi sebanyak 2.120 vial, box kedua berisi sebanyak 1.760 vial dan boks ketiga sebanyak 1.360 vial, dan satu boks lagi berisi 40 set alat kesehatan.

Perwakilan Dinkes Sulbar, Muslimin menyerahkan secara simbolis vaksin tersebut kepada Wakil Bupati Polman M Natsir Rahmat didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Sukirman Saleh, Sekretaris Dinkes Polman drg Sriharni, Kabid P2P Dinkes Haidar. Penyerahan vaksin ini juga disaksikan Kabag Ops Polres Polman Kompol Jubaedi dan Kasat Intel AKP Bayu Aditya Yulianto.

Kepala Bidang P2P Dinkes Polman, Haidir menjelaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan dilakukan dalam tiga tahap. Pertama untuk tenaga kesehatan, tahap kedua petugas pelayanan publik, dan tahap ketiga masyarakat umum.

“Adapun jumlah sasaran untuk tenaga kesehatan sekitar 3000-an. Untuk pemberian vaksin Covid-19 yang akan dilakukan dua kali dimana vaksinasi pertama dilakukan sesuai data pusdatin sebanyak 1.509 orang. Dua pekan kemudian dilakukan lagi vaksinasi terhadap 1.509 orang tenaga kesehatan,” ujar Haidar.

Rencananya, launching vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan, Selasa 2 Februari mendatang. Dalam launching ini ada sepuluh tokoh di Kabupaten Polman akan divaksin perdana. Diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Polman, Sekretaris Kabupaten, Forkopimda, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Forum Persaudaraan Pemuda Sulbar (FPPS) Kabupaten Polman mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut. Ketua FPPS Polman, Abdul Azis mengatakan pihaknya mendukung sepenuhnya program vaksinasi oleh pemerintah. Karena vaksinasi kepada masyarakat sebagai bentuk memutus mata rantai Covid-19.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar jangan terprovokasi, jangan terpengaruh dengan adanya informasi atau isu yang berkembang mengenai vaksin yang tidak jelas kebenarannya. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Polman mensukseskan pelaksanaan vaksin. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker ketika bepergian, menghindari keramaian serta menjaga jarak,” tandasnya. (mkb)

Komentar

News Feed