oleh

Polman-Majene Raih Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian PPPA

POLEWALI – Dua kabupaten di Sulbar, Polewali Mandar )Polman) dan Majene, menyabet Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. Penghargaan itu diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Anugerah Parahita Ekapraya kategori pratama diberikan kepada dua kabupaten tersebut karena komitmen dan perannya dalam mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Berdasarkan surat dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 tertanggal 20 September 2021. Penghargaan ini diberikan kepada 266 bupati dan walikota serta 29 gubernur.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dinas P2KBP3A Polman Harsani Mustafa mengatakan, Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar mendapatkan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya dalam bidang pengarus utamaan gender.

“Tentu ini merupakan suatu kebanggaan dan kesyukuran bagi kita karena bisa meraih penghargaan APE kategori pratama. Capaian ini tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama semua stakeholder, utamanya OPD untuk terlibat pada pelaksanaan PUG di Polman,” ujar Harsani Mustafa.

Pemberian penghargaan anugerah APE ini akan dilakukan pada 13 Oktober 2021 mendatang secara daring. Meski demikian, piala dan piagam penghargaan APE telah diserahkan lebih awal.

“Kami akan serahkan piala dan piagam penghargaan tersebut ke Bupati Polman Senin (27 Septermber 2021, red) di Rujab Bupati Polman,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas PPPA Majene Riadiah Zakariah saat dikonfirmasi Minggu 26 September juga membenarkan jika Kabupaten Majene menerimah penghargaan APE tahun ini.

“Surat pemberitahuan dari Menteri PPPA sudah kami terima. Tetapi penyerahan penghargaan secara resmi baru dilakukan 13 Oktober mendatang,” singkatnya.

Sekadar diketahui, penghargaan APE adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG.

APE merupakan penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah. (mkb/ham)

Komentar

News Feed