oleh

Polda Sulbar Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

MAMUJU – Guna mengantisipasi ancaman bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi, Polda Sulbar bekerja sama dengan instansi terkait telah bersinergi guna melakukan upaya penanggulangan bencana.

Bentuk sinergitas tersebut ditandai dengan rapat koordinasi maupun pelatihan bersama untuk meningkatkan kemampuan seluruh pihak terkait dalam menanggulangi bencana alam.

Tak hanya itu, sebagai bentuk kesiapsiagaan tanggap bencana, Polda Sulbar menggelar apel kesiapan penanggulangan bencana alam, Jumat (7/2).

Apel ini berlangsung di Lapangan Apel Mapolda. Apel ini dipimpin langsung Wakapolda Sulbar Kombes Pol Endi Sutendi dan dihadiri para pejabat utama dan seluruh personil yang pernah menegikuti penanggulangan bencana alam.

Pada Pelaksanaan Apel tersebut seluruh kendaraan pendukung tanggap bencana juga ditampilkan sebagai upaya maksimal kesiapan menangani bencana alam.

Wakapolda Sulbar dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud tujuan pelaksanaan apel ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam rangka kesiap siagaan penanggulan bencana alam di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat.

“Apabila terjadi bencana, kita sudah mempersiapkan penanganannya sedini mungkin. Mulai dari personil sampai penggelaran sarana dan prasarana,” tuturnya.

Lanjut Wakapolda, yang kita lakukan saat ini merupakan tanggap darurat baik saat dan pasca bencana dengan cara melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi. Kita berharap kedepan nantinya benar-benar siap menanggulangi bencana.

Sementara itu, Kabid Humas AKBP Hj. Mashura mengatakan penyelenggaraan penanganan bencana alam ada tiga bagian yaitu, Kesiapan sebelum terjadi bencana alam, Penanganan saat terjadi bencana alam dan Penanganan setelah terjadinya bencana.

“Untuk wilayah Sulbar khususnya di Kabupaten Mamuju ada beberapa kemungkinan terjadi bencana alam yaitu Angin Puting Beliung, longsor, gempa bumi dan Banjir,” tutur Mashura. (hps/dhan)

Komentar

News Feed