oleh

PLN Palu Jamin Listrik Selama Natal dan Tahun Baru Aman

PALU–PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah menjamin pasokan listrik selama Natal dan Tahun Baru di daerah itu dapat berjalan normal guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Selama Desember 2019 ini dipastikan terjadi peningkatan penggunaan listrik mengingat banyak kegiatan yang dilakukan umat kristiani termasuk merayakan natal,” kata Manager PLN Area Palu, Abbas Saleh, Kamis 12 Desember.

Ia mengatakan hampir setiap malam,sejak awal Desember 2019 banyak perayaan natal sehingga beban puncak pemakaian listrik di wilayah Palu,Donggala, Parigi dan Sigi (palapas) khususnya pada malam hari meningkat dibandingkan siang hari.

Karena itu, PLN terus siaga mengantisipasi jika terjadinya gangguan pada gardu, pembangkit dan jaringan listrik langsung dapat ditangani segera. Mengingat kebutuhan listrik meningkat, maka PLN sebelumnya telah mengantisipasi dengan melakukan pemeliharaan pembangkit dan juga jaringan, semua dipersiapkan dengan baik.

Berikutnya, PLN juga telah membentuk tim khusus yang akan bertugas mengawal dan melakukan perbaikan jika terjadi gangguan pada jaringan, gardu dan pembangkit listrik. “Kita kemarin baru saja menggelar pasukan dan peralatan menghadapi Natal dan Tahun Baru untuk memberikan layanan maksimal bagi masyarakat,” kata dia.

Semua personil dan peralatan sudah dipersiapkan dengan baik dan ketika terjadi gangguan, maka mereka sudah tahu tugas dan tanggungjawab mereka di lapangan.

Abbas mengaku semua pembangkit listrik dalam kondisi normal. Artinya semua mesin pembangkit listrik baik PLTD maupun PLTA dan PLTM yang ada beroperasi dengan baik. Namun demikian,katanya, tidak menutup kemungkinan adanya gangguan sesaat yang terjadi di luar dari kemampuan kami. Tapi petugas kami semuanya siaga 1×24 jam untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

Abbas juga membenarkan adanya kasus pencurian meteran listrik di permukiman warga korban bencana alam gempa bumi di Sigi dan Palu. Beberapa buah meteran listrik yang ada di huntara (hunian sementara) korban gempa dicuri oleh oknum-oknum warga yang tidak bertanggungjawab. “Tapi polisi sudah berhasil menangkap para pelakunya,” ujarnya. (ant)

Komentar

News Feed