oleh

PKMS Unsulbar: Indu Makkombong Menuju Desa E-Government

-Opini-1.073 views

PROGRAM Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyakat oleh dosen Univeristas Sulawesi Barat (Unsulbar) sebagai bagian dari tugas Tridarma Perguruan Tinggi, melalui program pengabdian masyarakat DIPA Unsulbar tahun 2021. Pelaksanaan PKMS ini fokus di Desa Indu, Makkombong, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dengan judul “Pengembangan Website Desa sebagai Sistem Infomasi dan Inovasi di Desa Indu Makkombong, Kabupaten Polewali Mandar. PKMS tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 12 Juni 2021 di Aula Kantor Desa Indu Makkombong.

Oleh: Wandi Abbas
(Dosen Hubungan Internasional, FISIP Unsulbar)

Pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi menjadi sesuatu yang penting dan menjadi salah satu penunjang kebutuhan dan kehidupan manusia. Teknologi informasi saat ini sudah banyak merambat menjadi medium yang digunakan orang untuk melakukan kegiatan seperti transaksi, komunikasi, diskusi, maupun sebagai wadah penyedia informasi (Muharam, 2020). Pada hasil survei Pengguna Internet Indonesia tahun 2019-2020 menunjukkan bahwa saat ini penetrasi pengguna internet Indonesia berjumlah 73,7 persen, naik dari 64,8 persen dari tahun 2018 (kominfo.go.id, 2020). Dimana, internet merupakan salah satu media informasi yang paling efektif untuk penyebaran informasi. Instruski Presiden tahun 2003 menginstruksikan kepada instansi-instansi pemerintah untuk mengimplementasikan sistem e-government bagi pelayanan masyarakat.

Menuju Desa Inovasi

Desa Indu Makkombong merupakan salah satu desa di kabupuaten Polewali Mandar yang hingga saat ini belum memiliki website resmi desa. Padahal desa tersebut memiliki potensi yang baik seperti pada bidang industri batu merah, pertanian, dan perkebunan. Hal itu tentunya dapat berkembang dengan baik jika potensi tersebut dapat dikelola dengan baik, yakni dengan mengintegrasikan pada pemanfaatan teknologi dan informasi melalui pembuatan dan pemanfaatan website desa.

Salah satu contoh bentuk efisiensi dari penerapan website yakni, penggunaan waktu yang lebih singkat dan terciptanya transaksi antara pemerintah dengan masyarakat dengan biaya yang lebih rendah. Konsep website yang diterapkan di desa Indu Makkombong tentunya bertujuan untuk memudahkan akses terhadap informasi desa dan dapat menjadi media inovasi desa secara efektif dan efisien. Hal ini diperlukan mengingat dinamisnya gerak masyarakat pada saat ini, sehingga pemerintah harus dapat menyesuaikan fungsinya dalam negara, agar masyarakat dapat menikmati haknya dan menjalankan kewajibannya dengan nyaman dan aman, dimana keseluruhannya dapat dicapai dengan pembenahan sistem dari pemerintahan itu sendiri, dan website adalah salah satu caranya (Harahap, et al., 2019).

Melihat hal tersebut diatas, sehingga pelaksan PKMS Unsulbar melaksanakan kegiatan dengan menjadikan Desa Indu Makkombong sebagai Mitra pengabdian Kepada masyarakat yang akan dilaksanakan bebrapa tahap. Mulai dari tahap pembuatan website, pelatihan pengelolaan, dan penggunaan website kepada aparat desa kemudian sosialisasi pemanfaatan dan kegunaan website desa kepada masyarakat khususnya masyarakat di Desa Indu Makkombong.

Komentar

News Feed