oleh

Pimpinan PKB Polman Ziarah ke Makam Ulama

POLEWALI — Penghujung tahun, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Polewali Mandar (Polman), ziarah ke makam para ulama di tanah Mandar.

Agenda ini dipimpin Ketua DPC PKB Polman Amiruddin, Wakil Ketua Abdul Rahman Yunus beserta Anggota DPRD Polman Fraksi PKB Sahabuddin, Samirah Pratiwi, Ibrahim, Zainal Abidin, dan pengurus DPC PKB Polman Sahabuddin.

Pimpinan PKB Polman Ziarah ke Makam Ulama

Yang pertama dikunjungi yakni makam annangguru KH. Sahabuddin di Kecamatan Lembang Kabupaten Majene. Almarhum selain dikenal sebagai salah satu tokoh agama kharismatik di tanah Mandar, juga merupakan pejuang pendidikan yang melahirkan perguruan tinggi terbesar pertama di Sulbar yakni Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman).

Kemudian, rombongan DPC PKB Polman melanjutkan perjalanan ke makam KH Muh Tahir atau yang lebih dikenal Imam Lapeo di Kecamatan Camapalagian. Imam Lapeo merupakan ulama sufi penyebar Islam di tanah Mandar yang hingga saat ini makamnya selalu ramai dikunjungi para peziarah baik dari tanah Mandar maupun dari provinsi lain.

Masih di kecamatan yang sama, pengurus PKB jyga berziarah ke makam Sayyed Jafar Thaha dan Sayyed Ahmad Fauzi Al Mahdali di Desa Bonde Kecamatan Campalagian.

Pengurus DPC PKB Polman menyiarahi makam para ulama sebagai bentuk penghormatan atas jasa para ulama yang telah menyebarkan Agama Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Dari Campalagian, rombongan melanjutkan perjalanan menuju makam tosalamaq Binuang, Syeh Bil Ma’ruf. Makam tosalamaq ini ada di Pulau Salamaq.

Ketua DPC PKB Polman Amiruddin menyampaikan, ziarah ke makam tokoh agama ini diawali di Majene makam KH Sahabuddin, Imam Lapeo, makam Sayyed Jafar Thaha, Sayyed Ahmad Fauzi Al Mahdali dan terahir di makam Syeh Bil Ma’ruf atau Abdul Rahim Kamaliddin.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan sebagai penghormatan kepada para tokoh pembawa syiar Islam di tanah Mandar dengan ber ziarah ke makamnya untuk mendoa’akan, semoga apa yg kita lakukan di penghujung akhir tahun ini membawah berkah bagi kader PKB,” terang Ketua DPC PKB Polman Amiruddin, Kamis 24 Desember 2020.

Lanjutnya, selain melakukan ziarah ke makam ulama, PKB Polman juga rutin melaksanakan pengajian setiap malam jumat. “Pengajian ini pengajian minggu keempat yang kita laksanakan di rumah kebangsaan di Matakali dengan melibatkan beberapa santri. Kita mendoakan keselamatan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Indonesia, Polman pada khususnya,” ujarnya. (arf/ham)

Komentar

News Feed