oleh

Pilkades 33 Desa di Mamasa Dijamin Aman

MAMASA–Jelang Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Senin 24 Juni, mendatang dijamin akan berlangsung aman. Pengamanan 33 desa yang akan menggelar Pilkades serentak ini sudah siap sepenuhnya.

Dalam menjaga pelaksanaan Pilkades berlangsung aman dan lancar, Polres Mamasa sudah menyiapkan personil melakukan pengamanan, dibantu dari Kodim 1402 Polewali Mandar dan Satpol PP Mamasa.

Kapolres Mamasa, AKBP Arianto pada apel kesiapan pengamanan Pilkades serentak mengatakan, kegiatan apel merupakan bentuk kesiapan semua unsur yang terlibat dalam pengamanan. Itu dilakukan untuk jaminan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat untuk melaksanakan aktivitasnya. Terutama dalam pelaksanaan Pilkades serentak pada 33 desa.

Menurut Arianto, situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif merupakan dambaan serta harapan semua pihak. Dalam kondisi aman akan mampu menjamin peningkatan aktivitas masyarakat. ”Karena itulah kita diberi wewenang dalam undang-undang untuk menyelenggarakan manajemen keamanan secara komprehensif,” jelas Arianto.

Apel kesiapan yang dilaksanakan saat ini merupakan pengecekan akhir terhadap pelibatan kekuatan. Sarana dan prasarana pendukung serta rencana tindakan yang tepat berdasarkan analisis dan inventarisasi dalam pelaksanaan Pilkades nanti.

“Harapkan kami dapat memenuhi tercapainya target pengamanan yaitu mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Baik pada saat pemilihan maupun dalam perjalanan menuju tempat pemungutan suara (TPS) dan rumah,” tambahnya.

Lebih jauh, Arianto menegaskan, agar sinergitas antara semua petugas pengamanan dan panitia di lapangan dapat direalisasikan dengan baik, dan mampu memahami kondisi wilayah desa yang akan melakukan Pilkades. Segala potensi yang mengancam keamanan dan ketertiban akan dapat diantisispasi semaksimal mungkin.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi, juga menegaskan pentingnya konsep pengamanan dengan menjunjung tinggi prinsip keadilan. Seluruh stakeholder harus melaksanakan tugas dengan baik. Mengedepankan prinsip keadilan bagi seluruh calon kepala desa yang ada. ”Jangan memprioritaskan calon kepala desa karena kita punya keluarga, sehingga seluruh petugas, panitia harus bertindak jujur dan netral,” tegas Ramlan.

Ia meminta supaya para calon kepala desa menjunjung tinggi sportifitas dalam perhelatan politik di wilayahnya. “Bagi pemenang kedepannya, jangan melakukan pesta yang berlebihan dan bagi yang kalah harus menerima dengan lapang dada kekalahannya. Prinsip demokrasi harus dijunjung tinggi,” tambanya. (r4)

Komentar

News Feed