oleh

Persaudaraan Universal

APAPUN bangsa, agama, ras, bahasa dan etnis suatu kaum mereka adalah saudara kita.

Beberapa waktu terakhir, kita disibukkan perhatian terhadap konflik di jalur Gaza. Antara Israel dengan Palestina.

Sebagai umat Islam terbesar di dunia, umat Islam Indonesia punya kepentingan besar terhadap terwujudnya kedamaian di dunia. Terkhusus di kawasan antara Israel dengan Palestina. Umat kedua negara ini adalah penganut agama Samawi; yaitu agama Yahudi dan Islam.

Ajaran kedua agama ini juga sangat menjunjung tinggi kedamaian dan persaudaraan. Oleh karena itu, semestinya Israel tidak melakukan agresi militer ke negara Palestina yang menjatuhkan banyak korban dari kalangan yang tidak berdosa.

Kita berkomitmen tidak ada penjajahan atas suatu negara dengan dalih apapun, karena penjajahan tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Untung saja, bangsa Indonesia punya pengalaman betapa pahitnya keterjajahan. Sehingga terus berkomitmen mewujudkan kedamaian dan persaudaraan universal bagi seluruh warga dunia.

Sejak pergerakan mengusir penjajah sampai kemerdekaan, persatuan dan kesatuan selalu dapat dirawat. Inilah modal yang teramat mahal bagi sebuah bangsa besar, Indonesia. Modal persatuan dan kesatuan yang mengantarkan bangsa kita sehingga dapat menikmati alam kemerdekaan.

Islam sebagai salah satu agama yang terbesar pemeluknya di Indonesia mengajarkan banyak hal tentang pentingnya persatuan dan kesatuan. Nabi Muhammad SAW bersabda “manusia dengan manusia lainnya bagaikan sebuah bangunan, antara satu dengan lainnya saling menguatkan”.

Komentar

News Feed