oleh

Permintaan Rumput Laut RI di Dunia Capai USD23,04 Miliar pada 2027

JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, proyeksi permintaan rumput laut negara-negara Asia Pasifik sebagai pasar terbesar di dunia mencapai USD23,04 miliar di 2027.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Artati Widiarti meyakini Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam industri rumput laut dunia. Mengingat, terjadinya lonjakan permintaan rumput laut untuk industri pangan, pakan, obat-obatan, dan kosmetik.

“Menurut Fortune Business Insights, pasar rumput laut akan terus tumbuh dengan meningkatnya permintaan dan produksi dari negara-negara seperti Tiongkok, Korea Selatan, India dan Jepang, termasuk Indonesia untuk bahan pangan, kosmetik, farmasi, bahan perekat dan gel,” kata Artati, Kamis (17/6/2021).

Dapat disampaikan, bahwa pemanfaatan rumput laut untuk konsumsi manusia menyumbang lebih dari 77 persen dari keseluruhan pangsa pasar global.

“Kebutuhan ini diproyeksikan meningkat di masa mendatang karena perubahan lifestyle kebiasaan makan yang sehat, dan meningkatnya populasi penduduk,” kata Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP Machmud.

Komentar

News Feed