oleh

Perkuat SDM Berintegritas dan APIP Profesional

MAMUJU – Enam Pemda yang mendapat Opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2019. Harus dipertahankan.

Begitu ditegaskan Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar melalui Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) bersama dengan Pemkab se-Sulbar, Senin 16 November.

“Ini adalah kegiatan tahunan, dan alhamdulillah enam entitas mendapatkan WTP di tahun 2020 ini. Oleh karena itu , saya berharap kita pertahankan apa yang telah kita capai, karena apa yang mempertahankan itu lebih sulit daripada untuk mencapainya,” ucap Enny.

Wagub menekankan dua hal, yaitu setiap pemda mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) yang aktif dan berintegritas serta menghadirkan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang profesional.

“Ini membutuhkan kerja keras, dengan diimbangi semangat dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi, untuk menerjang berbagai tantangan dalam merajut benang merah pembangunan harapan dan mimpi menjadi kenyataan dan berkesejahteraan dapat terwujud dengan hadirnya sebuah pembangunan SDM manusia yang berintegritas,” urai Enny.

Pemprov Sulbar sendiri telah mampu mencapai Opini WTP enam kali berturut-turut.
Capaian itu melampaui target nasional yaitu 85 persen entitas pelaporan mencapai opini WTP.

Hal itu memberikan keyakinan bahwa pengelolaan keuangan sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah sistem pengendalian intern yang memadai kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Menurut Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar kehadiran Perwakilan BPK RI di Sulbar sangat dirasakan memberi pembinaan dan bimbingan khususnya kepada pengelola keuangan bagaimana membenahi kekurangan dan kelemahan dalam pengelolaan keuangan daerah. (imr/rul)

Komentar

News Feed