oleh

Peringatan Hari Sampah Nasional, Jaga Kebersihan dan Kurangi Sampah

SUNGAILIAT – Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020, tingkat Kabupaten Bangka dipusatkan di Kawasan Pantai Matras Sungailiat, Jumat (21/2/2020). Kegiatan HPSN dibuka oleh Wakil Bupati Bangka: Syahbudin. Ikut hadir Kapolres Bangka: AKBP Aris Sulistyono, Kepala Lapas Bukit Semut Sungailiat: M. Achyar, Danki Senapan B Sungailiat, Kapten Inf Danu Winargo, Lurah Matras: Rdiwan. S.PKP, dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka.

Kegiatan tersebut juga melibatkan pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, Komunitas Peduli Lingkungan Pucuk Idad Bangka, Komunitas Wartawan Bangka (KWB) di Kabupaten Bangka.

Kegiatan diisi penyerahan peralatan kebersihan kepada para pelajar, penandatangan spanduk ajakan menanggulangi dan mengurangi sampah plastik dan dilanjutkan kegiatan bersih-bersih di lingkungan pantai Matras Sungailiat.

Syahbudin mengatakan dengan memperingati HPSN 2020, diharapkan akan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk mengelolah sampah serta penelitian dan teknologi pengembangan dan pemanfaatan sampah.

Wabup menjelaskan bahwa pemerintah telah menargetkan pengurangan sampah hingga mencapai 30 persen dan penanganan 70 persen pada tahun 2025. Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden No.97 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional tentang penggelolah sampah.

Maka Pemda Kabupaten Bangka turut mendukung target pemerintah pusat lewat pedoman pengelolaan sampah yang terintegrasi dari hulu ke hilir, berdasarkan peraturan Bupati Bangka No 47 tahun 2018 tentang rencana strategi daerah.

“Untuk tahun 2025, target pengurangan dan prnaganan sampah harus menjadi perhatian kita bersama. Perlunya kita meningkatkan kesadaran kolektif dan optimisme bersama dari seluruh stagholder untuk wewujudkan gerakan kaloboratif kerja bersama, dalam penggeloaan dan penanganan sampah,” ujar Syahbudin.

Sedangkan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Ir Meina Lina mengatakan peringatan HPSN tahun 2020,mengusung tema Indonesia bersih, Indonesia Maju, Indonesia Sejahtera

Pada kegiatan ini Pemkab Bangka mengakui bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dirasa masih kurang. Karena itulah melalui momen HPNS 2020 pihaknya mengajak masyarakat untuk peduli menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, tidak membakar sampah, serta mengurangi pengunaan plastik.

Sementara itu, Ketua Himpunan Peduli Lingkungan Pucuk Idat, Alamsyah mendukung dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemkab dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai Matras.

“Kita mendukung kegiatan ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Kita menyarankan kegiatan kerja bakti tidak hanya dilaksanakan setiap hari Minggu saja, bila perlu setiap hari, di lingkungan kita masing-masing,” ungkapnya.

Alamsyah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya tidak membuang sampah sembarang.(dee/fin)

Komentar

News Feed