oleh

Percepat Distribusi Logistik, Baznas Kerahkan BTB

MAMUJU – Bantuan logistik dan relawan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) terus mengalir.

Sebut saja Baznas Timika, Jakarta, Sulteng, Kaltim, Parepare, Mamuju Tengah, Enrekang, Luwu Timur, Bone dan Bulukumba. Semuanya telah menyalurkan bantuannya kepada korban gempa bumi di Sulbar.
Ketua Baznas Sulbar, Asraruddin mengatakan, dua hari pascagempa, telah melakukan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

“Alhamdulillah sampai saat ini kami terus melakukan penelusuran titik pengungsian untuk melakukan penyaluran bantuan logistik,” kata Asraruddin, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 25 Januari.
Asraruddin menyampaikan, sebelum menyalurkan bantuan, terlebih dahulu melakukan assessment data pengungsian agar penyaluran berjalan dengan baik.

“Awalnya kami tidak pakai assessment, tapi untuk meminimalisir adanya penyaluran yang double kami berlakukan assessment. Tidak ada persyaratan khusus seperti KK ataupun KTP,” ungkap Asraruddin.

Selain itu, lanjut Asraruddin, untuk mempercepat penyaluran logistik di sejumlah titik pengungsian, Baznas memiliki tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang aktif melakukan pendistribusian logistik hingga ke pelosok.

“Saat ini BTB telah mendirikan posko di Desa Taan Kecamatan Tapalang, yang tujuannya untuk mempermudah pendistribusian bantuan,” jelas Asraruddin.

Sementara salah satu relawan BTB , Taufik menambahkan, selain logistik, Baznas juga membuka layanan kesehatan gratis di Halaman Kantor Baznas Sulbar.

“Kami sudah salurkan bantuan dibeberapa titik pengungsian yang ada di Malunda, Tapalang, Karampuang, Ulumanda, tapi ada juga yang kami titip melalui pemerintah desa setempat, seperti Kepulauan Balabalakang,” pungkas Taufik. (m5/jsm)

Komentar

News Feed