oleh

Penyebab Mimisan dan Cara Menghentikannya

JAKARTA -Mimisan atau darah mengalir dari hidung umumnya terjadi pada anak-anak, meski juga terkadang pada orang dewasa.

Pertanyaannya, mengapa anak-anak kerap mengalaminya? Adakah bahaya yang disebabkan dari kondisi ini?

Penyebab Mimisan dan Cara Menghentikannya

Menurut Healthline, ada dua jenis mimisan, anterior atau posterior, dengan anterior adalah yang paling umum terjadi.

Yang satu ini adalah ketika pendarahan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil di dalam hidung, yang dikenal sebagai kapiler.

Sementara posterior adalah pendarahan hidung, yang datang dari bagian dalam hidung manusia. Mimisan jenis ini tidak lazim pada anak-anak, kecuali yang berhubungan dengan cedera di hidung atau wajah.

PENYEBAB

Pada anak, mimisan sering kali disebabkan oleh udara kering. Biasanya akibat suhu udara yang panas atau iklim yang kering, menyebabkan iritasi dan menyebabkan selaput hidung mengering,

Penyebab lainnya adalah kebiasaan anak menggaru atau mengorek hidung. Kebiasaan yang satu ini menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang rentan.

Pada kasus lain, trauma (benturan), adalah pemicunya. Sementara masalah kesehatan seperti infeksi pilek, alergi dan sinus, adalah beberapa penyebab lainnya.

Pada kasus langka, mimisan juga dapat disebbakan oleh pembekuan darah, dan kelainan pada pembuluh darah.

Cara mengatasi mimisan:

1. Duduk terlebih dahulu

2. Dalam posisi duduk yang tegak, condongkan kepala sedikit kedepan (jangan ke belakang, dapat mengalirkan darah ke tenggorokan).

3. Jepit bagian bawah hidung dan bernapaslah dengan mulut.

4. Lakukan ini selama 10 menit ke depan. Tergesa-gesa untuk menghentikan prosedur ini hanya akan menyebabkan pendarahan lagi.

5. Kompres batang hidung dengan es untuk mengurangi darah mengalir.

(ruf/fin)

Komentar

News Feed