oleh

Penyaluran BLT di 55 Desa Belum Tuntas

PASANGKAYU – Seyogyanya pemerintah desa (Pemdes) yang telah mencairkan Dana Desa (DD) juga telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warganya.

Namun hingga akhir Juni ini, baru empat desa yang tercatat menuntaskan menyalurkan BLT tahap enam. Padahal yang sudah mencairan anggaran sebanyak 57 desa.

Penyaluran BLT di 55 Desa Belum Tuntas

“Belum semua yang mencairkan DD itu menyalurkan BLT. Yang sudah tahap enam adalah Desa Pedanda, Tikke, Makmur Jaya dan Desa Pangiang,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pasangkayu, Muhammad Sarjan.

Ada desa yang baru tahap lima, lanjutnya, bahkan ada yang baru tahap satu penyaluran BLT berdasarkan laporan yang masuk ke DPMD Pasangkayu.

Mengetahui bahwa belum semua desa menyalurkan BLT, padahal itu merupakan hak masyarakat karena terdampak Covid 19, anggota DPRD Pasangkayu, Lubis angkat bicara.

Menurutnya, desa yang belum menyalurkan BLT itu, perencanaan kurang bagus. Jika perencanaannya bagus, realisasi program pasti berjalan baik.

“Jangan sampai, perencanaan itu hanya dikerjakan oleh kepala desa dan Perangkatnya, tidak berdasarkan pada hasil musyawarah desa yang menghadirkan perwakilan tiap-tiap unsur masyarakat yang ada. Kalau dana desa peruntukannya untuk BLT, ya harus BLT yang dibayarkan. Jgn di pakai membiayai yang lain,” tegas Lubis. (asp/jsm)

Komentar

News Feed