oleh

Penumpang Pesawat Anjlok

RADARSULBAR.CO.ID, MAMUJU – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar mencatat penurunan penumpang pesawat 71,69 persen pada September 2020 dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.

Jumlah penumpang pesawat yang berangkat tersebut melorot dari 6.217 orang pada September 2019 menjadi 1.760 orang pada September 2020.

Penumpang Pesawat Anjlok

Sedangkan, jumlah penumpang pesawat yang tiba di Sulbar selama September 2020 sebanyak 1.584 orang. Turun 71,47 persen dari 5.553 orang pada September 2019.

Kepala BPS Sulbar, Agus Gede Hendrayana Hermawan mengatakan, melorotnya jumlah penumpang selaras dengan menurunnya jumlah penerbangan di Sulbar.

“September 2020 pesawat yang datang dan berangkat tercatat sebanyak 50 unit pesawat. Di September 2019 ada 113 unit pesawat. Turun 55,75 persen,” kata Agus, saat dikonfirmasi, Rabu 4 November.

Menurutnya, perkembangan penerbangan di Sulbar dapat dilihat dari jumlah pesawat yang berangkat maupun yang datang melalui Bandara Tampa Padang di Mamuju.

Kepala Dishub Sulbar, Maddareski Salatin mengungkapkan, turunnya jumlah penerbangan tidak terlepas dari pandemi virus korona sejak Maret. Ada keraguan masyarakat datang dan pergi.

“Dishub terus melakukan koordinasi kepada pihak bandara dan maskapai untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Sehingga warga tidak takut berangkat menggunakan pesawat,” jelas Maddareski.

Saat ini, lanjut Maddareski, pihaknya optimis melihat frekuensi penumpang yang semakin bertambah belakangan ini. “Insya Allah penerbangan akan ditambah lagi,” pungkasnya (m2/jsm)

Komentar

News Feed