oleh

Pengurus DWP Sulbar Dilatih e-Reporting

MAMUJU – Sebagai salah satu organisasi yang menghimpun kekuatan istri Aparatur Sipil Negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan (DWP) diharap berperan serta dalam menyukseskan pembangunan.

Pembangunan berjalan sesuai target dan sukses jika seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif. Termasuk istri ASN melalui wadah organisasi DWP.

DWP sendiri memiliki sejumlah program dan kegiatan yang berlangsung setiap tahunnya. Oleh sebab itu, menunjukkan kinerja dari DWP, maka aplikasi e-Reporting menjadi media untuk memonitoring dan mengevaluasi setiap giat yang dilaksanakan oleh DWP mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga tingkat pusat.

“Sebagai organsiasi yang mendukung kerja Pemerintah, DWP wajib melek teknologi serta mengimplementasi segala hal yang tepat dalam menjalankan organisasi sehingga DWP bisa mengejar target yang telah ditentukan,” ujar Ketua DWP Sulbar, Ny. Hj. Kartini Hanafi Idris saat menyampaikan sambutan dalam acara pelatihan e-Reporting di Rujab Sekprov Sulbar, awal September lalu.

Pelatihan e-Reporting yang dilaksanakan secara virtual diikuti seluruh pengurus DWP provinsi dan kabupaten se-Sulbar, DWP Unit OPD dan DWP Instansi Vertikal. Dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pengurus dalam mengaplikasikan e-Reporting dan meningkatkan kualitas dan Kuantitas pelaporan kegiatan DWP se-Sulbar. Sementara tujuannya, agar peserta dapat memahami kegunaan e-Reporting dan mengetahui proses penginputan e-Reporting.

Kartini Idris menambahkan, e-Reporting merupakan aplikasi pelaporan secara elektronik. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh DWP dalam memudahkan kepengurusan untuk melaporkan segala bentuk kegiatan organisasi yang telah dilaksanakan.

Melalui e-Reporting, pelaporan kegiatan yang sebelumnya membutuhkan waktu dan media cukup lama dan banyak, akhirnya lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.

Ditambahkan, teknologi membuat kehidupan manusia semakin modern, dan semakin mengefisiensikan segala sesuatunya. Salah satu contohnya adalah minimnya penggunaan kertas dengan menggunakan berbagai aplikasi misalnya e-Letter, e-Money dan e-Reporting.

“Pengetahuan manusia merupakan sumber daya yang sangat fundamental. Oleh sebab itu dibutuhkan proses tiada henti dalam mengembangkan kemampuan, wawasan dan keterampilan,” ujarnya.

Kartini Idris berharap, peserta dapat langsung menginput kegiatan yang telah

dilaksanakan di masing-masing kepengurusan sehingga dapat langsung terbaca melalui sistem DWP Pusat.

Pelaporan kegiatan melalui e-Reporting akan membuktikan bahwa DWP se-Sulbar adalah DWP yang peduli dan aktif dalam mendukung kerja-kerja Pemprov Sulbar. (ian/rul)

Komentar

News Feed