oleh

Penghujung Tahun, DPRD Pasangkayu Sahkan Tiga Ranperda

PASANGKAYU – Di penghujung tahun 2020, DPRD Pasangkayu mengesahkan tiga ranperda sekaligus dalam rapat paripurna yang digelar, Rabu 23 Desember 2020.

Tiga ranperda itu yakni tentang pengelolaan arsip daerah, tentang perubahan atas Perda Nomor 10 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan organisasi perangkat daerah, serta tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Penghujung Tahun, DPRD Pasangkayu Sahkan Tiga Ranperda

Ketua Badan Pembentukan Perda (Bapem Perda) DPRD Pasangkayu Saifuddin Andi Baso menyampaikan, dengan disahkannya tiga ranperda itu, maka DPRD Pasangkayu telah mengesahkan 10 ranperda dari 15 ranperda yang ditetapkan dalam prolegda 2020.

“Lima lainnya pembahasannya mengalami kendala teknis, terkait ketersediaan anggaran karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Tapi pembahasanya akan dilanjutkan tahun depan” ungkapnya.

Sementara terkait disahkanya ketiga ranperda ini, Saifuddin berharap pemkab bisa segera menindaklanjuti dan menjalankan poin-poin yang termuat dalam ranperda. Terutama terkait penegakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19.

“Untuk pencegahan Covid-19, setelah ditetapkan Ranperdanya, diharapkan pemkab membuat aturan lanjutan untuk menetapkan harga maksimal tes swab atau PCR dan atau RDT yang disesuaikan dengan harga ketetapan maksimal dari Kemenkes, agar tidak menimbulkan permainan harga yang bisa menimbulkan keresahan ditengah masyarakat,” imbuh legislator Golkar itu.

Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Pasangkayu Muhammad Saal yang mewakili Bupati Agus Ambo Djiwa menyampaikan bahwa ketiga ranperda itu merupakan usulan pemkab yang disusun sebagai tindak lanjut dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, serta kebutuhan hukum masyarakat.

“Selain itu juga merupakan penetapan kebijakan daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah,” sambung Muhammad Saal.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD Pasangkayu yang telah menyelesaikan proses pembahasan ketiga ranperda tersebut. Setelah ditetapkan pihaknya berkomitmen akan menjalankan dan menegakan aturan yang termuat dalamnya. (has/ham)

Komentar

News Feed