oleh

Pengembalian Berkas Calon Anggota PPK, KPU Beri Tambahan Waktu

MAMUJU – Untuk sementara, tercatat 159 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah mengembalikan berkasnya ke Kantor KPU Mamuju.

Namun, jumlah itu belum merata. Sebab hingga Kamis 23 Januari, pelamar calon anggota PPK dari Kecamatan Kepulauan Balabalakang masih sangat minim, delapan orang yang mengembalikan formulirnya.

Untuk itu, KPU Mamuju berencana memperpanjang masa pengembalian formulir khusus bagi kecamatan yang jumlah pendaftarnya belum memenuhi persyaratan. Setidaknya hingga batas akhir pengembalian formulir dan berkas administrasi seleksi calon anggota PPK, Jumat 24 Januari 2020.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, berdasarkan regulasi yang ditetapkan KPU RI, rekrutmen calon anggota PPK hanya dapat diproses dengan catatan jumlah pendaftar sebanyak dua kali dari total yang dibutuhkan. Sementara aturan yang berlaku mewajibkan KPU merekrut lima orang PPK untuk tiap kecamatan.

“Kita masih tunggu sampai besok. Masa pengembalian formulir kan baru berakhir di 24 Januari,” terang Hamdan, kemarin.

Pun jika sampai deadline pengembalian formulir, jumlah pendaftar calon anggota PPK untuk Kecamatan Balabalakang belum juga memenuhi persyaratan, Hamdan menyebut, pihaknya akan memperpanjang masa pengembalian formulir khusus bagi kecamatan yang belum memenuhi persyaratan.

“Kita perpanjang masa pengembalian formulirnya tiga hari. 25 sampai 27 Januari 2020,” sambung Hamdan.

Tuntas dengan tahapan pengembalian formulir dan berkas administrasi, KPU selanjutnya bakal memeriksa kelengkapan berkas administrasi yang dimasukkan para pendaftar.

Komisioner KPU Mamuju Divisi Parmas dan SDM Ahmad Amran Nur menjelasakan, penelitian administrasi kelengkapan persyaratan calon anggota PPK itu akan dilakukan pada 25 Januari sampai 27 Januari 2020.

“Teman-teman pokja seleksi calon anggota PPK yang akan melakukan penelitian kelengkapan berkas administrasi dari para calon anggota PPK itu,” sebut Amran.

Ada beberapa hal yang akan jadi fokus pokja dalam melakukan penelitian berkas administrasi. Salah satunya, sebut Amran, berkas yang dimasukkan para calon anggota PPK itu tetap akan dicocokkan dengan data di Sipol.

“Ini untuk menghindari ada yang terdaftar di Sipol. Penting untuk memastikan, para calon anggota PPK ini tidak terafiliasi dengan partai politik,” tegas Amran.

Merujuk pada pengumuman KPU Mamuju Nomor: 07/.04.2-PU/7602/Kpu-Kab/I/2020, pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota PPK bakal dilakukan pada tanggal 28 Januari sampai 29 Januari.

“Seleksi tertulis baru akan dilakukan pada tanggal 30 Januari 2020. Itu setelah masa tanggapan masyarakat terhadap calon anggota PPK yang akan dibuka sejak 28 Januari 2020 sampai 5 Februari tahun 2020,” tutup Amran. (ham)

Komentar

News Feed