oleh

Pendataan Rumah Rusak Tahap Dua Segera Rampung

MAMUJU – Pendataan rumah rusak dikebut. Rencananya, tim pendataan rumah rusak Kabupaten Mamuju bakal merilis data tahap dua hari.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan (Disperkimta) Mamuju, Muhammad Syahrir mengatakan, data yang tidak sempat terakomodir di tahap satu dimasukkan kembali dalam tahap dua.

Pendataan Rumah Rusak Tahap Dua Segera Rampung

“Tahap dua sudah direkap tinggal menunggu. Besok (hari ini, red) paling lambat sudah dirilis berapa jumlahnya. Belum final, tapi yang jelas sekarang sudah 3.000 lebih,” kata Syahrir, saat ditemui di Rujab Sapota Mamuju, Kamis 4 Maret.

Menurut Syahrir, alasan mengapa ada beberapa data tidak terakomodir dalam pendataan tahap satu karena datanya tidak terbaca server.

“Tahap pertama yang tidak terakomodir itu masuk datanya ke tahap dua sepanjang dokumennya lengkap. Seperti KK dan KTP cocok. Jangan sampai seperti yang pertama keluar karena tidak terbaca,” jelas Syahrir.

Untuk mengantisipasi data ganda, Syahrir mengaku, timnya bakal melakukan uji publik di kantor desa dan kelurahan selama tujuh hari.

“Kalau sudah cocok kita finalkan. Tahap ketiga sudah tidak ada, hanya penyesuaian saja,” bebernya.

Terkait pencairan bantuannya, lanjut Syahrir, sepenuhnya merupakan kewenangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Kami hanya bantu untuk mendata saja. BPBD yang siapkan juknis pencairannya,” sebut Syahrir.

Kepala BPBD Mamuju, Muhammad Ali Rachman mengatakan, sudah menerima Petunjuk Lapangan (Juklap) dari pemerintah pusat. Saat ini, pihaknya sedang merampungkan Petunjuk Teknis (Juknis) terkait mekanisme pencairan bantuan rumah rusak.

“Mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama ini sudah ada,” jelasnya.

Tak kalah penting, kata Ali, ialah kerja sama seluruh komponen bagaimana percepatan informasi terkait data rumah rusak dan informasi pembukaan rekening calon penerima manfaat.

“Ada beberapa bank yang telah bekerja sama dengan BNPB. Tapi, kita tunggu arahan lagi dari pusat. Pencairannya sesuai tahapan,” pungkas Ali. (m2/jsm)

Komentar

News Feed