oleh

Pendataan KMK Sasar Kelurahan

MAMUJU — Tim Kartu Mamuju Keren (KMK) mulai melakukan pendataan Kepala Keluarga (KK), di kelurahan. Data ditarget rampung dalam dua pekan. Pendataan dilakukan di empat kecamatan yang memiliki wilayah kelurahan. Masing-masing Kecamatan Tapalang, Simboro, Mamuju dan Kalukku.Terdapat 13 kelurahan di empat kecamatan tersebut.

Setelah data rampung, selanjutnya diverifikasi oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfosandi) Mamuju, sebelum KMK dicetak.

Kepala Bidang Aplikasi dan informatika, Diskominfo Kabupaten Mamuju, Rahmatullah Andi Syahruddin Azasi mengatakan, pendataan hanya dilakukan di kelurahan sebab data di desa bakal diperoleh dari data SDGs Desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mamuju.

“Pemkab Mamuju sudah menyurat ke DPMD. Alhamdulillah beberapa desa sudah ada datanya. Kami meminta secara bertahap ke DPMD Mamuju. Kami juga terjun langsung ke desa menjemput data SDGs Desa,” kata Rahmatullah, kepada Radar Sulbar, Selasa 7 Desember.

Saat ini, lanjut Rahmatullah, pendataan masih terus berlangsung. Totalnya 164 orang petugas pendataan yang tersebar di empat kecamatan. Rencananya, Rabu 8 Desember, sebagian data akan diverifikasi operator kelurahan sebelum diverifikasi kembali operator KMK di Diskominfosandi Mamuju.

“Petugas pendataan di Kecamatan Mamuju 71 orang, Simboro 30 orang, Tapalang 23 orang dan Kalukku 43 orang,” sebutnya.

KMK nantinya bakal terintegrasi ke layanan pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, UMKM dan sebagainya. Sehingga pemegang KMK dapat dengan mudah mengakses layanan. KMK juga bakal berbasis digital. “Kalau pendataan sudah beres masuk tahap pencetakan kartu,” jelasnya.

Program KMK merupakan salah satu janji kampanye Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi bersama Wakilnya Ado Mas’ud. Sutinah telah meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serius dan tidak main-main dalam menuntaskan program tersebut. Ia juga meminta agar progres pengerjaannya dilaporkan secara berkala.

Olehnya, Sutinah berharap, semua bekerja serius. Betul-betul konsentrasi dalam menyelesaikan program ini. Sebab, hal ini bukan lagi tugas dirinya bersama Ado, melainkan tugas bersama dalam merealisasikan program KMK. (ajs/jsm)

Komentar

News Feed