oleh

Pencarian Korban Hanyut Diperluas

POLEWALI – Proses pencarian korban hanyut di Sungai Mandar Kabupaten Polewali Mandar masih terus berlanjut, Rabu (13/1/2021). Pencarian korban di hari kedua melibatkan unsur Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju, Kodim 1402 Polmas, Polres Polman, BPBD Polman, Pemerintah Kecamatan Limboro, SAR Universitas Negeri Makassar (UNM), pemerintah desa dan masyarakat.

Diketahui Sulemana (63) dilaporkan hilang terbawa arus Sungai Mandar, Senin 11 Januari lalu di Desa Lembang Lembang Kecamatan Limboro. Pencarian Sulemana diperluas, bukan hanya dialiran Sungai Mandar tetapi di muara dan perairan laut sekitar wilayah Kecamatan Tinambung.

Pencarian Korban Hanyut Diperluas

Proses pencarian terus dilakukan oleh tim gabungan. Basarnas Mamuju menurunkan satu unit perahu karet ditambah beberapa perahu nelayan untuk menyisir muara sungai Mandar dan pantai Tinambung.

Camat Limboro, Haidir Jamal yang turut melakukan pencarian korban mengatakan, Rabu pagi proses pencarian diperluas. Tim Basarnas, SAR dan instansi terkait serta masyarakat selain menyusuri Sungai Mandar hingga ke muara juga dilakukan pencarian di laut.

“Kami menyusuri laut arah ke Polewali sejauh delapan hinggal sepuluh mil untuk mencari korban. Karena diduga terbawa arus hingga ke muara dan laut,” terang Haidir saat dihubungi via telepon, Rabu kemarin.

Sementara tim Basarnas juga melakukan penyisiran dengan menggunakan perahu karet sejauh satu kilometer menuju arah muara sungai dan radial 188° arah selatan. Hingga pukul 18.00 Wita tim SAR gabungan belum dapat menemukan korban.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Mamuju, Saidar Rahmanjaya mengungkapkan memasuki hari kedua, pencarian dilakukan tim SAR gabungan dengan mngunakan satu unit rubber boat (perahu karet) dengan area pencarian penyisiran jalur sungai menuju muara sejauh 3 NM dari lokasi kejadian dengan radial 158° menuju arah selatan. Pencarian ini juga dibantu nelayan dengan menggunakan perahu.

“Adanya dukungan sarana (ALUT) dan diperluasnya area pencarian kita berharap korban segera dtemukan. Pihaknya beserta seluruh unsur SAR yang ada di lapangan, akan terus berupayah secara maksimal sesuai SOP untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban,” terang Saidar dalam rilisnya.

Ia juga mengatakan tim SAR yang terlibat, tetap selalu menjaga keselamatan, keamanan, sinergisitas dan utamakan standar protokol Kesehatan dalam melakukan pencarian korban. (mkb)

Komentar

News Feed