oleh

Pemuda Dilatih Pengolahan Ikan

POLEWALI – Balai Diklat Industri Makassar bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Polman gelar diklat tri in one (tiga dalam satu) pembuatan olahan berbasis ikan di Kabupaten Polewali Mandar. Pelatihan ini melibatkan 75 orang pemuda asal Polman sebagai peserta.

Pembuatan pelatihan aneka olahan berbasis ikan angkatan III Tahun 2021 dilaksanakan di aula SMK YPP Wonomulyo, Rabu 24 Februari.

Pemuda Dilatih Pengolahan Ikan

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar didampingi Instruktur Balai Diklat Industri Makassar Qamariyah Nurdin dan Kepala Disperindagkop Polman Agusnia Hasan Sulur membuka kegiatan tersebut.

Peserta pelatihan ini sebelumnya telah mendaftar sebagai peserta secara online.

Instruktur Balai Diklat Industri Makassar Qamariyah Nurdin mengatakan ada lima jenis olahan yang akan diajarkan ke peserta diklat selama enam hari. Selain mendapatkan materi peserta juga akan dibekali dengan praktik langsung.

Kepala Disperindagkop UMKM, Agusnia Hasan Sulur menjelaskan, kegiatan pembuatan aneka olahan berbasis ikan ini baru pertama kali di selenggarakan bekerja sama dengan Balai Diklat Industri Makassar.

Ia menyampaikan hasil kerjasama dari diklat ini akan tetap mendampingi dan mengevaluasi peserta yang betul-betul berpeluang masuk di dunia industri. Apakah mereka akan masuk di kelompok atau mandiri.

“Kita akan mendampingi, melihat dan mengevaluasi nantinya. Seperti apa rancangannya kita akan ajukan ke pak bupati,” jelas Agusniah.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar berharap agar setelah diklat dilakukan peserta tidak vakum dan harus sudah melakukan kegiatan. Apalagi menurutnya Polman memiliki potensi perikanan yang berlebih.

“Kita tidak akan tinggal diam dan dalam waktu dekat ini ia akan melakukan rapat dengan Balitbangren dan Dinas Perindagkop untuk kedepannya mencari solusi bagi pelaku wirausaha muda yang mengalami kendala dalan memulai usahanya,” tutur AIM. (arf/mkb)

Komentar

News Feed