oleh

Pemprov Tak Anggarkan, 73.697 Peserta BPJS Dinonaktifkan

MAMUJU – 73.697 peserta BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) tanggungan Pemprov Sulbar dihapus. Anggarannya tidak tersedia di tahun 2021.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju Indira Azis Rumalutir mengaku sudah menyurati Pemprov Sulbar beberapa kali. Pertemuan formal dan informal juga telah dilakukan. “Surat terakhir 29 Desember. Terkonfirmasi jika anggaran Pemprov Sulbar untuk PBI tidak ada. Jadi dinonaktifkan,” kata Indira, Minggu 10 Januari 2021.

Untuk peserta tanggungan pemerintah kabupaten, tetap aman. Anggarannya tersedia dalam APBD. Masing-masing kabupaten juga telah melakukan perpanjangan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

“Kami berharap anggaran bisa disediakan kembali. Tapi ini tergantung kemampuan fiskal daerah,” sebut Indira.

Wakil Ketua DPRD Sulbar Abdul Halim menyebutkan, lembaganya bakal memanggil Pemprov Sulbar untuk membahas persoalan tersebut. Menurutnya, anggaran kesehatan senilai 10 persen harusnya bisa mencover peserta PBI BPJS Kesehatan.

“Dana 10 persen harusnya dimaknai secara utuh. Di luar gaji dan operasional kesehatan. Sehingga hal-hal yang sifatnya pelayanan, termasuk BPJS PBI bisa tercover,” ungkap Halim.

Jika nantinya dalam pertemuan tersebut tidak ada solusi, lanjut Halim, maka DPRD Sulbar bakal menerbitkan izin prinsip. Agar anggaran PBI BPJS Kesehatan bisa tercover dalam APBD 2021 di luar agenda perubahan.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Mamuju Zarkia menyebutkan, ada 22.138 peserta PBI di Mamuju ikut dinonaktifkan. Bukan karena pesertanya sudah pindah domisili atau meninggal dunia, melainkan karena anggarannya tidak ada. “Kenyataannya sudah dinonaktifkan, peserta tanggungan Pemprov Sulbar,” beber Zarkia.

Seperti diketahui, iuran BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu dibayarkan pemerintah. Baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten.
Besaran iuran peserta PBI yang dibebankan kepada pemerintah daerah menyesuaikan kapasitas fiskal masing-masing daerah. (ade/jsm)

Peserta BPJS Kesehatan
Tanggungan Pemprov SUlbar
Yang Dinonaktifkan

Majene 12.794 orang
Mamasa 7.118 orang
Polman 13.958 orang
Mamuju 22.138 orang
Mateng 9.825 orang
Pasangkayu 7.864 orang
Total 73.697 orang

Sumber data: BPJS Kesehatan Cabang Mamuju

Komentar

News Feed