oleh

Pemprov Garap 120 Siswa Berprestasi

MAMUJU — Pemprov Sulbar terus berupaya meningkatkan kualitas SDM generasi daerah, melalui sektor pendidikan. Salah satunya dengan program pendampingan bagi 10 siswa terbaik SMA dan SMK. Mereka jadi sasaran pembinaan hingga perguruan tinggi.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menarget, mereka bisa menempuh pendidikan pada universitas unggulan di seluruh Indonesia. Termasuk Akpol, Akmil dan IPDN.

“Bukan berarti tidak diperhatikan siswa yang lain, tetapi kita mau minimal kita punya anak didik yang sejak awal dibina,” kata gubernur, Senin 8 Maret 2021.

Terpenting menurut Ali, peserta didik yang memdapat rekomendasi terus terus dibina maka pemerintah tentu tidak ragu dalam mendampingi siswa tersebut. Jelasnya, kembali mengabdi di kampung sendiri.

Pembinaan akan dikoordinir Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar (Disdikbud) Sulbar, menyasar anak-anak berprestasi di bangku SMA dan SMK.

Kepala Disdikbud Sulbar, Prof Gufran Darma Dirawan menjelaskan, program ini digagas bersama Dewan Pakar Yundini Husni Djamaluddin, dalam rangka membentuk regenerasi kepemimpinan.

Mekanismenya melalui seleksi pembinaan siswa berprestasi. Tercatat 1.089 siswa dari 10 siswa terbaik setiap SMA dan SMK se-Sulbar.

Kini sudah terkumpul 120 orang yang jadi prioritas agar dapat lolos ke seluruh univesitas unggulan di Indonesia. Mereka dibekali kemampuan kognitif, pembinaan minat khusus atau minat bakat untuk melihat peluang IPDN, Akmil, Polri, dan kedokteran.

“Kita tes mereka (siswa) dengan soal yang sama dan setara dengan SNPTM dan tidak pernah dikerjakan oleh orang. Hasilnya, 19 anak-anak nilainya diatas 700 poin, 19 orang ini diyakini dapat lolos diseluruh universitas terbaik di Indonesia. Termasuk masuk Akpol, Akmil dan IPDN,” urai prof Gufran.

Program ini juga diproyeksi jadi model pembelajaran di setiap sekolah, dengan harapan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Malaqbiq. (imr/rul)

Komentar

News Feed