oleh

Pemkab Pasangkayu Rancang Bandara dan Pelabuhan

PASANGKAYU – Sekkab Pasangkayu Firman membuka forum konsultasi publik, terkait penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, Senin (27/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Firman mengatakan, sebagai daerah penyangga ibu kota baru, maka dalam beberapa tahun kedepan Kabupaten Pasangkayu juga akan membangun pelabuhan nasional dan bandar udara (bandara).

Pelabuhan nasional direncanakan akan dibangun di sekitar Kecamatan Tikke Raya dengan luas lahan yang direncanakan 2.000 hektar. Sementara kawasan pemangunan bandara akan direncanakan di Kecamatan Pedongga.

Firman mengingatkan para kepala OPD untuk menyiapkan program guna menyukseskan proyek raksasa itu. Kemudian, meningkatkan koordinasi lintas OPD serta berperan maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Terutama untuk Dinas PUPR dan Dinas Perhubungan, agar saling berkoordinasi dengan baik. Sebab ini sangat penting,” tegas Firman.

Kata Firman, Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa telah menyerahkan masterplan rencana pembangunan pelabuhan nasional yang bakal menjadi bagian dari proyek Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II ke Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo beberapa waktu lalu.

“Hari ini segenap OPD juga memaparkan tahapan perencanaan penyusunan RKPD 2021, pelaksanaan Nawa Jiwa dalam program pembangunan 2021, serta sinkronisasi pembangunan nasional, regional dan daerah,” pungkasnya. (r3/ham)

Komentar

News Feed