oleh

Pemkab Mamasa bakal kirim tim Evakuasi ke Mamuju

-Mamasa-1.009 views

MAMASA — Gempa dengan 6,2 magnitudo berpusat 6 km Timur Laut Majene, Sulbar yang terjadi dini hari tadi telah menimbulkan korban jiwa, membuat ribuan orang mengungsi, serta meruntuhkan sejumlah gedung dan pemukiman warga baik di Kabupaten Majene maupun di Kabupaten Mamuju.

Duka yang dialami warga Majene dan Mamuju ikut dirasakan oleh warga Kabupaten Mamasa, bahkan sempat membuat seluruh masyarakat panik.

Untungnya, tidak ada korban jiwa maupun data kerusakan bangunan akibat gempa bumi.

Namun sebagai bentuk keprihatinan tersebut, Pemkab Mamasa berencana mengirim tim evakuasi ke sejumlah titik lokasi terparah, akibat dampak gempa di Mamuju dan Majene, Jumat 15 Januari.

Wakil Bupati, Kabupaten Mamasa Marthinus Tiranda menyampaikan telah membentuk tim relawan siaga. “Yang mana akan disiagakan di Kabupaten Mamasa, jika terjadi gempa susulan, sambil menunggu perkembangan selanjutanya di Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju,”

Selain itu, Pemkab Mamasa berencana mengirim tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) pada hari ini, jumat 15 Januari. “Jadi kita akan kirim seluruh tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Mamasa,”

Sementara Marthinus menyebutkan jika pihaknya dari tim medis yakni Sekretaris Dinas Kesehatan Amos Pambangbone telah berada di Kab. Mamuju sejak Jumat 15 Januari 2021 pagi untuk berkoordinasi dengan Tim Medis provinsi. “Yang mana berkoordinasi mengenai apa yang akan dibutuhkan di lokasi kejadian, sehingga tim medis Kab. Mamasa akan disiagakan sambil menunggu informasi dari lokasi kejadian,”

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Mamasa Labora Tandipuang telah memantau setiap perbatasan KabupatenMamasa. “Baik itu perbatasan Polman maupun perbatasan Mamuju,”

Ia mengaku, hal ini dimaksudkan agar memudahkan jalur komunikasi. “Yang mana jika ada keperluan yang dibutuhkan dilokasi gempa,”

Ia menambahkan, untuk masyarakat Kabupaten Mamasa agar tetap tenang dan tidak panik. “Karena Pemkab akan tetap melakukan monitoring perkembangan Gempa tersebut,”tambahnya. (r4/dan)

Komentar

News Feed