oleh

Pemkab Fasilitasi Pemulangan Pengungsi

POLEWALI – Pengungsi korban gempa bumi di Stadion HS Mengga dipulangkan, Jumat 29 Januari. Pemkab Polman memfasilitasi pemulangan pengungsi ke kampung halamannya masing masing. Para pengungsi haturkan terima kasih atas pelayanan dan kesedian Pemkab Polman menampung dan mengurus mereka.

Sekira 80 orang pengungsi dari Kabupaten Mejene dan Mamuju yang tinggal hampir sepekan di Stadion HS Mengga Polewali dipulangkan ke daerah asalnya. Salah satu pengungsi dari Desa Mekkatta Roslina mengungkapkan selama mengungsi di stadion Polewali, Bupati Polman dan jajarannya sangat perhatian ke mereka.

Pemkab Fasilitasi Pemulangan Pengungsi

“Kami tak bisa berkata apa-apa lagi, saking bagusnya pelayanan dari Pemkab Polman. Semoga kebaikan Pemkab Polman ini dibalas oleh Allah SWT yang sudah memberikan kami pelayanan dan sudah menampung kami,” ujar Roslina sesaat sebelum meninggalkan lokasi pengungsian.

Lanjutnya, mulai dari konsumsi sampai pada pelayanan kesehatan didapatkan selama tujuh hari mengungsi di sini (Stadion HS Mengga).

Rohania berasal dari Desa Mekkatta Kecamatan Malunda Majene yang merupakan salah satu desa yang paling terdampak. “Rumah saya sudah roboh pak sehingga saat sampai disana kami akan membuat tempat tinggal sementara dari tenda yang diberikan Pemkab Polman sembari membersihkan puing-puing rumah,” tandasnya.

Bupati Polman Andi Ibrahim menyampaikan permintaan maaf kepada para pengungsi karena tak dapat ikut mengantar mereka ke kampungnya. Namun Ia berjanji akan mengunjungi para pengungsi dilain waktu.

Koordinator Posko Induk, Azwar Jasin menyampaikan selama mereka mengungsi pihaknya berupaya memberikan layanan dan fasilitas terbaik. Fasilitas kesehatan paling diutamakan mulai saat mereka baru masuk hingga mereka kembali ke desa. Ada beberapa yang dirujuk ke RSUD Polewali.

“Sebelum dipulangkan pengungsi dibekali bahan pokok untuk kebutuhan hidup satu bulan. Selain itu diberi alat pertukangan, tenda dan difasilitasi kendaraan,” terang Aswar Jasin.

Kepala Dinas PMD Polman ini menyampaikan ada 11 armada yang disiapkan untuk pemulangan pengungsi. “Ini adalah bentuk kepedulian kita terhadap para korban sebagai rasa kemanusiaan. Ini sudah selayaknya kita memberikan empati,” tuturnya. (arf/mkb)

Komentar

News Feed