oleh

Pemerintah Janjikan Pendanaan yang Mumpuni Bagi Usaha Rintisan

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah siap mendukung penuh perusahaan rintisan atau startup berbasis information technology (IT). Bahkan pemerintah juga berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada perusahaan-perusahaan unicorn dan decacorn.

Menurutnya, masa pandemi Covid-19 seperti saat ini merupakan momentum tepat untuk pengembangan sektor teknologi. Sebab, saat ini semua orang membutuhkan teknologi berbasis digital untuk tetap bisa beraktivitas karena adanya pembatasan sosial.

Sri Mulyani menuturkan, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika pihaknya telah meluncurkan program 1.000 startup berbasis IT hingga 2024 mendatang. Bahkan telah diluncurkan program bernama T-corn untuk mencari startup yang berpotensial untuk bisa mendapatkan dukungan pembiayaan dari pemerintah.

“Program T-corn untuk mencari startup yang berpotensi untuk bisa menerima pendanaan. Kami juga siap untuk mendukung unicorn dan decacorn melalui program pengembangan sumber daya manusia,” kata Sri Mulyani saat menjadi pembicara di acara Southeast Asia Development Symposium (SEADS), Rabu (21/10).

Meskipun demikian, Sri Mulyani belum dapat merincikan terkait anggaran yang disiapkan dalam mendukung pembiayaan startup di Indonesia. Dirinya juga tidak merinci bagaimana caranya agar startup itu bisa mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah.

Menurut Sri Mulyani, penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah mendorong berbagai pihak untuk berinovasi dalam memanfaatkan teknologi. Misalnya dengan penerapan remote working, sekolah online, dan e-commerce.

Ia menyebut, pengembang teknologi membentuk kembali industri, merestrukturisasi pasar, dan mendefinisikan kembali kepentingan persaingan. Bahkan melalui teknologi tidak ada pihak yang kalah atau menang karena semua diuntungkan.

“Teknologi telah memberikan kita berbagai kemungkinan melalui berbagai platform inovatif dan aplikasi untuk membuat hidup kita lebih mudah khususnya selama pandemi ini,” katanya. (jpg)

Komentar

News Feed