oleh

Pembenahan Jalan Rp 68 Miliar, Kontraktor Mengaku Sudah Pasang Papan Proyek

PASANGKAYU – Proyek perawatan jalan Trans Sulawesi dalam Kota Pasangkayu, tepatnya jalan Ir. Soekarno, sebelumnya mendapat sorotan dari DPRD Pasangkayu.

Terkait hal tersebut, penanggung jawab PT Aphasko Utama Jaya di Kabupaten Pasangkayu Heriyanto memberikan penjelasan. Menurutnya, papan proyek preservasi atau perawatan jalan yang mereka kerjakan tersebut terpasang dititik nol di daerah Karossaa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar. Satu lagi terpasang di daerah Surumana, perbatasan Kabupaten Pasangkayu dengan Kabupaten Donggala, Sulteng.

“Kami sudah pasang papan proyeknya dari awal Januari kemarin di titik nol Karossa dan di Surumana,” terang Heriyanto, Kamis 6 Februari, melalui pesan WhatsApp.

Lanjut Heri, nilai anggaran preservasi tersebut sebesar Rp 68 miliar lebih dan bersumber dari APBN. Proyek ini berada di bawah pengawasan Balai Jalan, Dirjen Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pekerjaan tersebut ditender tahun 2019 lalu dan tanggal kontraknya dimulai 10 Januari 2020. Dari nilai anggaran tersebut, PT Aphasko selaku kontraktor pemenang tender mengerjakan Preservasi Rehabilitasi, Rekonstruksi jalan sepanjang 12,7 Kilometer. Preservasi pemeliharaan rutin jalan 141,31 kilometer serta preservasi rutin jembatan 1.725,3 meter.

Pekerjaan ini sendiri meliputi preservasi atau pemeliharaan jalan Surumana batas Sulteng, Pasangkayu, Baras dan Karossa.

“Ini anggaran tahun 2020, tendernya 2019 dan ini pekerjaan balai jalan seperti di Jalan Sukarno. Sekarang ini masih peccingan (penambalan), selesai peccingan baru diaspal nanti di atasnya. Dan saya tegaskan ini bukan APBD kabupaten, tapi dari APBN,” tandasnya. (r3/ham)

Komentar

News Feed