oleh

Pelayanan Terintegrasi BPJS Kesehatan

-Ragam-1.661 views

RADARSULBAR.CO.ID — Peserta BPJS Kesehatan yang kerap bepergian tak usah resah, sebab semua dokter dan fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, diwajibkan melayani peserta di seluruh Indoensia.

“Itu peraturan baru. Berlaku di seluruh Indonesia. Misalnya anda ke Makassar dan tiba-tiba sakit, cari saja faskes atau dokter yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, akan dilayani walaupun status kepesertaan anda tidak terdaftar di situ,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Sulbar, Wahidah, saat bertandang ke Redaksi Harian Radar Sulbar, Kamis 14 Februari.

Namun, ketentuan itu memiliki batas maksimum, yakni tiga kali untuk masing-masing fakses atau dokter.

Ketentuan pembatasan tersebut sebagai bentuk antisipasi terhadap terjadinya tumpang tindih pelayanan. Mengingat data kepesertaaan di BPJS Kesehatan, juga masih perlu dibenahi.

“Kami masih terus melakukan validasi data. Yang banyak bermasalah itu peralihan Jamkesmas ke BPJS, karena biasanya NIK peserta tidak terdaftar. Namanya juga kadang berbeda,” jelas Wahidah.

Tetapi, lanjut Wahida, nama berbeda untuk orang yang sama tidak ada maslah sepanjang NIK tidak ganda. “Selama NIK tidak ganda tidak ada masalah. Sampai saat ini memang masih ada yang bermasalah, tapi tinggal sedikit,” pungkasnya. (jsm)

Komentar

News Feed