oleh

Pelayanan KB Dalam Pelaksanaan TMMD

MAMUJU–Peningkatan kemitraan dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) terus digalakkan. Salah satunya, bersama TNI.

Melalui integrasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1418/Mamuju dan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tahun 2019, melaksanakan Bakti Sosial Kesehatan yakni, Pelayanan KB, Pengobatan Gratis dan sunatan massal bertempat di Desa Sanjango, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu 2 Oktober 2019.

Kepala BKKBN Sulbar, Hj. Andi Ritamariani Basharu mengatakan, pelaksanaan pelayanan KB ini merupakan kerjasama antara BKKBN Sulbar dan TNI untuk memberikan pelayanan KB bagi masyarakat desa yang sulit dijangkau. “Kita manfaatkan momentum TMMD ini untuk melaksanakan bakti sosial pelayanan KB gratis bagi masyarakat terpencil,” ujarnya.

Ritamariani berharap agar kemitraan antara BKKBN dan TNI terus ditingkatkan kedepan. Kemitraan ini sangat penting demi menyukseskan program KKBPK di Sulbar. “Kami sudah berkoordinasi dengan Danrem untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial pelayanan KB di acara ini. Alhamdulillah, sekitar 83 masyarakat yang kami layani untuk menggunakan Metode KB Jangka Panjang (MKJP),” ujarnya.

Asisten III Pemda Mateng, H. Bahri Hamzah saat menjadi Inspektur Upacara mengatakan, program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat.

“TMMD masih sangat dibutuhkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat, karena sebagian wilayah indonesia adalah desa yang tertinggal dan terpencil. Karenanya, TNI masih sangat dibutuhkan dalam rangka membangun infrastruktur dan pelayanan sosial bagi kesejahteraan masyarakat. Sehingga, pembangunan bisa benar-benar dari dan oleh masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf Suyitno mengatakan, untuk membantu pemerintah membangun dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, 150 personil dilibatkan dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Kepolisian dalam kegiatan TMMD ini. “Mereka akan tinggal disini selama satu bulan, terhitung sejak 2 Oktober,”ujarnya.

Adapun sasaran fisik yang akan di kerjakan, lanjut Suyitno,adalah, peningkatan jalan tani kurang lebih 3,5 kilo meter, galian drainase dan saluran air satu kilo meter, galian batu lunak 75 meter, pemuatan plat duicker lima buah, rehab masjid dan beberapa kegiatan sosial.

“Sasaran kita juga ada di non fisik, seperti, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan hukum dan kamtibmas, penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan pertanian, penyuluhan pangan dan penyuluhan wasbang dan bela negara. Selain itu, kita juga melakukan pelayanan KB kesehatan, pengobatan gratis dan sunatan massal,” ujarnya.

TMMD 2019 mengangkat tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat”. Hadir dalam upacara ini adalah Danrem 142/Tatag, Dandim Se-Sulbar, Kepala Perwakilan BKKBN Sulbar, Kepala OPD Lingkup Pemda Mateng, Pimpinan PT. Astra Agro Lestari, Camat Karossa, dan Seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Karossa. (ian)

Komentar

News Feed