oleh

Pekan QRIS BI Sulbar Berlangsung di Dua Kabupaten

MAMUJU–Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat, mensosialisasikan Pekan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), yang akan dilaksanakan, 9-14 Maret 2020.

”Pekan depan, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, Pekan QRIS. Khusus untuk Sulbar, kami prioritaskan di dua kabupaten, yakni Mamuju dan Kabupaten Majene,” kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulbar Budi Sudaryono, kepada wartawan, di Mamuju, Jumat 6 Maret.

Ia menjelaskan, QR-Code Indonesia Standard atau QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia).

QRIS yang mengusung tagline ‘Unggul’ (Universal, Gampang, Untung dan Langsung) lanjut Budi Sudaryono, memberikan kemudahan kepada masyarakat yang dapat digunakan di domestik dan luar negeri, transaksi dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman, efisien dengan menggunakan satu QR untuk semua aplikasi serta trnasaksi cepatdan seketika yang mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Kampanye Pekan QRIS kata Budi Sudaryono, dilakukan dalam tiga tahap, yakni Costumer Focus yang telah dilakukan mulai 2-8 Maret 2020 melalui publikasi melalui media massa.

”Pada tahap Costumer Focus itu untuk memberikan sosialiasasi terkait penggunaan QRIS kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat yang sejalan dengan peningkatan penggunaan QRIS,” papar Budi Sudaryono.

Tahap selanjutnya kata Budi Sudaryono, yakni Merchan Focus yang akan dilaksanakan mulai 9-13 Maret 2020.

Pada tahap tersebut tambahnya, akan dilaksanakan sosialisasi di sejumlah sekolah, perguruan tinggi, pelaku UMKM dan tempat-tempat ibadah di Kabupaten Mamuju dan Majene, diantaranya SMA Negeri 1 Majene, STAIN Majene, SMA Negeri 1 Mamuju, bazar UMKM di gedun Asmal Majene serta di Masjid Suada Mamuju.

Puncaknya, yakni pada 14 Maret 2020, akan dilaksanakan pesta rakyat yang dipusatkan di Taman Karema Mamuju. ”Pada puncak kegiatan Pekan QRIS itu juga akan dilakukan peresmian Taman Karema sebagai taman digital. Saat pesta rakyat tersebut akan digelar berbagai kegiatan diantaranya, tarian tradisisonal, live band, tiktok QRIS, kuis Kahool tentang QRIS dan user experience masyarakat menggunakan QRIS,” terang Budi Sudaryono. (ant)

Komentar

News Feed