oleh

Pedagang Kadang Abaikan Protokol Kesehatan

-Mamuju-1.777 views

MAMUJU – Pemerintah telah menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan baik di rumah lebih-lebih saat di tempat umum.

Namun, himbauan tersebut perlahan mulai ditinggalkan masyarakat. Dilihat dari aktivitas di Pasar Sentral dan Pasar Regional Mamuju yang tidak mengindahkan protokol kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disdag) Mamuju. Assyabrie Rusli mengatakan, pihaknya rutin memberikan himbauan kepada pedagang maupun pembeli untuk tetap mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

”Kalau masalah himbauan, kami hampir setiap hari turun kelapangan, mungkin masyarakat menganggap bahwa new normal itu adalah senormal-normalnya kegiatan, tanpa mereka sadari bahwa kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan selalu mencuci tangan, karena pihak kami sebelumnya telah menyediakan tempat pencucian tangan,” kata Assyabrie usai mengikuti rapat di Gedung DPRD Mamuju, Rabu 17 Juni.

Assyabrie mengaku bakal melakukan monitoring di sejumlah toko dan retaile untuk melihat seperti apa penerapan protokol kesehatan di toko dan retaile modern yang memiliki manajemen.

“Retaile modern dan pedagang di pasar tentunya berbeda, kalau dipasar para pedagang tidak punya manajemen perusahaan yang mewajibkan SOP (Standar Operasional Prosedur, red),” ujar Assyabrie.

Sementara, salah satu pengunjung Pasar Regional Mamuju, Rosmini mengaku tidak menggunakan masker lantaran ia merasa sulit bernafas saat menggunakan masker.

“Susah ki bernafas kalau pake masker terus, apalagi kita ini sudah tua mi,” tandas Rosmini. (m5/jsm)

Komentar

News Feed