oleh

PBMT Maal Jateng Bantu Korban Gempa di Sulbar

MAMUJU — Personil PBMT Maal Jawa Tengah, Senin 8 Februari, menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi korban terdampak gempa dengan magnitudo 6,2 di Mamuju, Sulawesi Bara.

Utusan PBMT Jateng, Tabah Triono menerangkan bahwa kehadiran pihaknya di Sulbar adalah bagian dari dukungan pemulihan bencana gempa bumi.

Khususnya dalam meringankan beban korban yang masih memilih untuk bertahan di pengungsian. Ada tiga tempat sudah dipantau, yakni area kantor bupati Mamuju, sekitar kantor KPU Sulawesi Barat dan depan Kantor Lurah Rimuku.

Tim PBMT Jateng juga berencana menyalurkan bantuan dan dukungan kemanusiaan hingga ke wilayah terdampak di Kecamatan Tapalang, Mamuju.

“Untuk awal ini, kami bagikan sarana pendukung pengungsian, tenda, alas, dan penunjang kebersihan lingkungan, ditambah bahan pokok. Sementara untuk fasilitas umum kami masih penjajakan lebih jauh,” terang Tabah.

Harapannya, assessment dan aksi lapangan berjalan lancar, sebab mereka ditarget menuntaskan agenda kemanusiaan ini sampai 12 Februari mendatang. “Tugas kita memang sampai tanggal itu. Kemungkinan kedepan kalau dirasa masih perlu, akan ada tim lain yang datang,” imbuhnya.

PBMT Maal Jateng Bantu Korban Gempa di Sulbar

Selain menyalurkan logistik, relawan PBMT juga melakukan pemberdayaan dengan melibatkan pengungsi untuk bersama-sama bergerak menata area pengungsian.

“Koperasi BMT memang salah satu fokusnya pemberdayaan masyarakat. Tak kalah pentingnya, mengedukasi pengungsi akan pentingnya kebersihan dan kesehatan, terutama di tenda-tenda yang ada anak kecil,” tandasnya.

Hal serupa telah dilakoni saat membantu pemulihan dampak bencana gempa bumi Palu dan bencana di Lombok. Melakukan pendampingan dan menyalurkan donasi.

“Palu-Lombok kemarin, sampai empat kali tim bolak-balik. Kalau untuk sementara disini, kami lihat bisa satu dua kali karena sudah masuk tahap pembenahan,” sebut Budi Prasetya, relawan PBMT lainnya. (*)

Komentar

News Feed